::Sekolah Pascasarjana IPB (Institut Pertanian Bogor)::

slide.gif
MKM
Matematika Terapan (MAT) [S2] Print E-mail

Departemen Matematika
Ketua Program Studi : Endar Hasafah Nugrahani

Tujuan Pendidikan

1. Menyiapkan tenaga profesional matematika dengan kualifikasi S2 yang sejalan dengan kebutuhan dan trend yang berkembang pada pasar tenaga kerja.
  2. Menyediakan kesempatan dengan memberi landasan yang kokoh bagi mahasiswa yang berkeinginan untuk melanjutkan pendidikannya ke jenjang doktor.
  3. Mengembangan aktivitas penelitian oleh staf di Departemen Matematika IPB
  4. Mengembangan kerjasama dengan pihak pengguna matematika
Kompetensi Lulusan
  1. Mampu menganalisis suatu masalah nyata secara sistematis, memodelkan dan menyelesaikannya dengan menggunakan konsep dan teknik matematika
  2. Mampu berkomunikasi dan bekerjasama dalam suatu team work.
  3. Memiliki kemampuan untuk melanjutkan pendidikan pada jenjang yang lebih tinggi.

Kimia (KIM) [S2] Print E-mail

Departemen Kimia
Ketua Program Studi : Purwantiningsih Sugita

Tujuan Pendidikan
       Penyelenggaraan Program Magister Sains Kimia IPB dimaksud untuk memenuhi kebutuhan akan tenaga ahli profesional di bidang kimia sesuai dengan tuntutan pembangunan nasional dan untuk mengantisipasi kemajuan ilmu kimia yang sedemikian pesatnya. Dalam penyelenggaraannya, manajemen program mayor dikelola profesional dan beberapa kegiatan akan dilakukan agar ketepatan waktu studi dipenuhi dan kualitas lulusan sesuai dengan standar nasional maupun internasional, seperti pembentukan journal club yang ditunjang oleh sistem informasi mutakhir, penunjukan dosen pembimbing di akhir semester 2, melibatkan mahasiswa dalam proyek penelitian sejak dari pengajuan proposal hingga penulisan laporan, dan publikasi dalam jurnal terakreditasi.
       Materi kuliah dirancang sedemikian rupa dengan berbasis pada potensi ilmu kimia dalam mengkaji dan mengembangkan biomaterial sebagai objek unggulan, dan dengan mempertimbangkan kecenderungan perkembangan ilmu mutakhir yang diselaraskan dengan sumber daya staf pengajar dan sarana pendidikan memadai yang dipunyai oleh Departemen Kimia. Demikian juga, materi praktikum dirancang secara terpadu melalui studi kasus agar mahasiswa dapat mengaitkan berbagai cabang ilmu dalam bidang kimia dan memberi gambaran mengenai penyelesaian masalah dalam penelitian.
       Latar belakang akademik staf pengajar, kinerjanya di bidang pengajaran dan penelitian selama ini diyakini dapat mendukung Program Studi S2 Kimia di IPB.  Komposisi staf pengajar berdasarkan latar belakang pendidikan adalah 14 orang S3 (6orang di antaranya guru besar) dengan 1 orang S3 sebagai staf pengajar luar biasa, dan 15 orang S2 dengan 1 orang S2 sebagai staf pengajar luar biasa. Sarana pendukung pendidikan, peralatan laboratorium dan ruang kuliah cukup memadai untuk memperlancar jalannya program studi ini. Kesemuanya ini akan memberikan iklim dan imbas yang positif terhadap Program Studi S2 Kimia IPB. Untuk menyelesaikan Program S2 kimia diperlukan 39 SKS.

Kompetensi Lulusan
       Memiliki kemampuan untuk menguasai, menerapkan, mengembangkan, dan melakukan riset mandiri dari ilmu pengetahuan dan teknologi bidang kimia dengan penekanan pada metode pemisahan, karakterisasi, desain dan sintesis bahan baik secara eksperimental maupun melalui simulasi berbantuan komputer.

Biologi Tumbuhan (BOT) [S2] Print E-mail

Ketua Program Studi : Miftahudin

Tujuan Pendidikan

1. Menghasilkan lulusan Magister dan Doktor yang profesional dan berakhlak tinggi,
  2. Mengembangkan penelitian dan inovasi ilmu pengetahuan dan teknologi dalam bidang Biologi Tumbuhan guna memanfaatkan sumber daya alam secara berkelanjutan bagi kesejahteraan manusia,
  3. Membina kehidupan akademik yang berkualitas tinggi.

Kompetensi Lulusan
Mampu memahami prinsip dasar ekologi atau taksonomi tumbuhan atau biologi selular dan molekular tumbuhan, dan mengaplikasikannya dalam bidang biodiversitas, sistematika dan atau bioteknologi tumbuhan.

*   Menjadi Mata Kuliah Mayor di Program Mayor BTK
**  Sementara Tidak ditawarkan
Catatan: Mata kuliah Pilihan Mayor/Penunjang diambil pada semester 1 sebanyak 3 SKS, semester 2 sebanyak 3 SKS dan semester 3 sebanyak 6 SKS.

Biosains Hewan (BSH) [S2] Print E-mail

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan alam
Ketua Program Studi : Bambang Suryobroto

Tujuan Pendidikan

• Melatih mahasiswa merumuskan masalah ilmiah dalam bidang biologi molekuler, morfologi, ekologi atau pun sosio-etologi hewan (termasuk manusia)
  • Melatih mahasiswa menyelenggarakan secara mandiri eksperimen untuk menjelaskan masalah yang telah dirumuskannya
  • Melatih mahasiswa menuliskan risetnya ke dalam tesis master

Kompetensi Lulusan
Mampu merumuskan masalah ilmiah dan menyelenggarakan eksperimen secara mandiri dalam bidang biosistematika dan/atau fungsi hayati hewan (termasuk manusia)

Kurikulum

Catatan: Mata kuliah pilihan 3 SKS di Semester 2 dan 6 SKS di Semester 3.

Mikrobiologi (MIK) [S2] Print E-mail

Ketua Program Studi : Gayuh Rahayu

Tujuan Pendidikan

2. Mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam bidang Mikrobiologi Tropika guna memanfaatkan sumber daya alam secara berkelanjutan bagi kesejahteraan manusia,
  3. Membina kehidupan akademik yang berkualitas.

Kopetensi Lulusan
Mampu mengeksplorasi mikrob indigenus sebagai bagian pengembangan ilmu dan pengembangan teknik mikrobiologi yang mendasari bioteknologi pertanian, lingkungan, industri, dan kesehatan.

Kompetensi Minor
Bioteknologi Mikrob
Mampu mengeksplorasi mikrob indigenus sebagai bagian pengembangan teknik mikrobiologi yang mendasari bioteknologi pertanian, lingkungan, dan industri.

Kurikulum