::Sekolah Pascasarjana IPB (Institut Pertanian Bogor)::

slide.gif
MKM
Pengelolaan Sumberdaya Alam dan Lingkungan (PSL) [S2] Print E-mail
Written by Administrator   

Ketua Program Studi : Cecep Kusmana

Tujuan Pendidikan

  • Memberikan landasan ilmu pengetahuan yang handal dalam pengelolaan sumberdaya alam dan lingkungan secara terpadu, holistik dan berkelanjutan mencakup perencanaan, implementasi, monitoring, evaluasi, dan mitigasi  dampak terhadap lingkungan.
  • Menghasilkan sumberdaya manusia yang handal dengan kualitas intelektual dan moral yang tinggi serta menguasai IPTEK di bidang pengelolaan sumberdaya alam dan lingkungan dengan kualifikasi gelar Magister dan Doktor.
  • Menghasilkan dan mengembangkan berbagai model (pemikiran), metode serta teknik tentang pengelolaan sumberdaya alam dan lingkungan yang berwawasan lingkungan dan berkelanjutan.

Kompetensi Lulusan
Lulusan yang mempunyai pengetahuan lanjut serta mampu mengidentifikasi dan menjelaskan berbagai permasalahan pembangunan dan lingkungan serta mampu mencari solusinya melalui pendekatan sistem (holistik dan terpadu) serta berkelanjutan yang terkait dengan masalah kebijakan dan manajemen lingkungan, pengelolaan pencemaran lingkungan, pengelolaan keanekaragaman hayati dan ekowisata.

Kurikulum


 
Primatologi (PRM) [S2] Print E-mail
Written by Administrator   

Ketua Program Studi : Dondin Sajuthi

Tujuan Pendidikan
Program Studi Primatologi bertujuan untuk mengembangkan IPTEK Primatologi yang berguna dalam penelitian biologi, konservasi Satwa Primata dan biomedis bagi kesehatan manusia.

Program Studi Primatologi merupakan pendidikan pascasarjana berbasis riset di bidang satwa primata, untuk menghasilkan Magister  Sains dengan penelitian yang mencakup aspek :

  1. biologi satwa primata (antara lain: teknik penangkaran, biologi, tingkah laku, reproduksi, sistematika, genetika, nutrisi dan antropologi), diampu oleh departemen Biologi FMIPA, departemen INMT dan IPTP FAPET serta FKH.
  2. konservasi (antara lain: populasi, habitat, ekologi, rehabilitasi dan reintroduksi, konservasi), diampu oleh Departemen Konservasi FAHUTAN.
  3. biomedis (antara lain: teknik diagnostika, hewan model dan penyakit satwa primata, etika penelitian biomedis), diampu oleh departemen Klinik, Reproduksi dan Patologi (KRP) dan Ilmu Penyakit Hewan (IPH) FKH.

Kompetensi Lulusan
Kompetensi Lulusan Program Magister PS Primatologi adalah menghasilkan lulusan yang mampu memahami dan mengembangkan pendidikan dan penelitian IPTEKS primatologi yang inovatif dan kompetitif di Indonesia.

Kurikulum
Mahasiswa Program Magister Sains PS Primatologi harus mengumpulkan satuan kredit semester minimal 39 sks yang diharapkan dapat diselesaikan dalam waktu dua tahun atau empat semester.

Kurikulum Program Magister Sains dirancang sesuai minat dan visi PRM dan mengikuti pedoman IPB yaitu Kurikulum Sistem Mayor.  Kurikulum ini terdiri dari seperangkat Mata Kuliah Tingkat Institut, Mata Kuliah Wajib Mayor dan Mata Kuliah Penunjang atau Mata Kuliah Pilihan Mayor.  Mata Kuliah Pilihan Mayor atau Mata Kuliah Penunjang dapat diambil dari Mata Kuliah yang ada di IPB dengan arahan dari Komisi Pembimbing Penelitian, Komisi Akademik dan Ketua PS Primatologi.

Mata Kuliah Tingkat Institut adalah kelompok mata kuliah di IPB (SPs) yang meliputi Statistika dan Bahasa Inggris untuk Program Magister dan ditambah Falsafah Sains untuk Program Doktor serta mata kuliah lainnya untuk memberikan landasan membangun kompetensi lulusan IPB yang akan diisi pada tingkat-tingkat selanjutnya.

Mata Kuliah Wajib Mayor merupakan seperangkat mata kuliah yang diturunkan dari mandat departemen pengampu yang mencerminkan kompetensi utama lulusannya (ilmu pengetahuan, keterampilan dan perilaku).

Mata Kuliah Penunjang adalah Mata Kuliah yang diramu dari mata kuliah beberapa mayor dari departemen lain dengan beban SKS tertentu yang mencerminkan kompetensi pelengkap, tetapi belum memenuhi syarat untuk membentuk  minor tertentu.


 
Bioteknologi (BTK) [S2] Print E-mail
Written by Administrator   

Ketua Program Studi : Suharsono   

Tujuan Pendidikan
Menghasilkan sarjana strata S2, yang menguasai prinsip dasar teori dan praktek bioteknologi, dan mampu menerapkannya dalam riset atau industri berbasis bioteknologi.

Kompetensi Lulusan

  • Kompetensi Utama : Menguasai Prinsip Dasar Bioteknologi, yang dicirikan oleh penguasaan teori dan praktek dalam bidang teknik molekuler, rekayasa genetik, dan rekayasa bioproses.
  • Kompetensi Penunjang mampu menerapkan bioteknologi, dalam riset atau industri berbasis bioteknologi

Kurikulum

Mata Kuliah Minor/Penunjang dari Mayor Lain
Mayor Bioteknologi akan mengambil mata kuliah minor atau mata kuliah penunjang dari seluruh Departemen yang ada di IPB yang menunjang penelitian yang memenuhi kriteria bioteknologi.  Ketentuan pngambilan adalah sebagai berkut :

  • Untuk Paket Minor mahasiswa tinggal memilih mata-kuliah yang telah dipaketkan oleh departemen pengampu, yang sesuai dengan penelitian bioteknologi
  • Untuk Mata Kuliah Penunjang mahasiswa dapat meramu mata pelajaran dengan memperhatikan bidang penelitian yang akan dikerjakan (setelah berkonsultasi dengan pembimbing/koordinator mayor)

Bidang Penelitian yang sekarang diakui oleh mayor bioteknologi adalah:

Penawaran Minor untuk Mayor Lain:
Mayor Bioteknologi tidak secara formal menawarkan kuliah minor untuk mahasiswa mayor lain.  Namun bagi mahasiswa dari mayor lain dapat mencantum dalam ijazahnya sebagai minor bioteknologi bila memilih mata pelajaran mayor Bioteknologi sekurang-kurangnya dengan kombinasi mata pelajaran berikut:

1) Fisiologi Molekular,
2) Genetika Molekular,
3) Rekayasa Genetik
atau
1) Genetika Molekular,
2) Rekayasa Genetik,
3) Rekayasa Bioproses
 
Sosiologi Pedesaan (SPD) [S2] Print E-mail
Written by Administrator   

Fakultas Ekologi dan Manusia
Departemen Sains Komunikasi dan Perkembangan Masyarakat
Ketua Program Studi : Arya Hadi Dharmawan

Tujuan Pendidikan
Menyiapkan dan menghasilkan akademisi, tenaga ahli penelitian dan profesional yang kompeten di bidang sosiologi pedesaan untuk mendorong pengembangan masyarakat.

Tujuan Pendidikan
Penguasaan pengetahuan dan pemahaman yang mendalam tentang teori-teori, konsep-konsep, metodologi, dan temuan-temuan empirik sosiologi pedesaan sebagai suatu ilmu sosial terapan; penguasaan keahlian dan keterampilan ilmiah di bidang analisis masyarakat secara komprehensif, perumusan kebijakan pengembangan masyarakat, dan pemantauan kritis atas proses perubahan sosial dalam rangka pengembangan masyarakat pedesaan menuju masyarakat adil dan demokratis; pemilihan sikap teguh dan jujur dalam pilihan-pilihan paradigma berkenaan dengan baik kegiatan keilmuan maupun kegiatan pengembangan masyarakat pedesaan menuju masyarakat adil dan demokratis.

Kompetensi Lulusan
Lulusan Program Pendidikan Magister Sosiologi Pedesaan IPB mampu menghasilkan analisis sosiologis aras tengah tentang perkembangan masyarakat desa, menghasilkan sintesa sosiologis aras tengah berupa kebijakan pengembangan masyarakat desa, menghasilkan evaluasi sosiologis aras tengah yang kritis terhadap proses pengembangan masyarakat desa.

Kompetensi Minor Pemberdayaan Sosial
Lulusan mampu menganalisis, sintesis, dan evaluasi kritis aras tengah  tentang gerakan  emansipasi sosial kelompok-kelompok atau komunitas-komunitas sosial pedesaan yang mengalami marginalisasi secara sosiologis, ekonomi, politik dan budaya.

Kompetensi Minor Gender dan Pembangunan
Lulusan mampu menganalisis, sintesis, dan evaluasi kritis aras tengah tentang gerakan emansipasi sosial (sosiologis, ekonomi, politik, budaya) perempuan yang terpinggirkan atau tersubordinasi dalam proses pembangunan atau perkembangan sosial umumnya.

Kompetensi Minor Agraria Dan Ekologi Politik
Lulusan mampu menganalisis, sintesis, dan evaluasi kritis aras tengah tentang relasi, dan pertarungan untuk akses dan kontrol sumber-sumber agraria serta gerakan sosial masyarakat yang terpinggirkan akibat proses tersebut.

Kurikulum

 
Komunikasi Pembangunan Pertanian Pedesaan (KMP) [S2] Print E-mail
Written by Administrator   

Fakultas Ekologi dan Manusia
Departemen Sains Komunikasi dan Perkembangan Masyarakat
Ketua Program Studi : Djuara P. Lubis

Tujuan Pendidikan

  1. Memenuhi kebutuhan nasional akan tenaga komunikator profesional dalam bidang pembangunan pertanian dan pedesaan
  2. Menghasilkan peneliti kompeten di bidang komunikasi pembangunan pertanian dan perdesaan  
  3. Menghasilkan tenaga ahli komunikasi pembangunan yang mampu menyebarluaskan ilmu pengetahuan dan memotivasi partisipasi masyarakat dalam pembangunan daerah dan nasional, serta pengelolaan potensi konflik sosial dalam proses pembangunan
  4. Menghasilkan, mengembangkan, dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan dan teknologi  komunikasi pembangunan pertanian dan perdesaan

Kompetensi Lulusan
Mampu menganalisis secara ilmiah dalam merancang strategi komunikasi pembangunan yang adil, beradab dan efektif bagi upaya perbaikan kualitas kehidupan masyarakat, khususnya di bidang pertanian dan perdesaan

Kompetensi Mayor Pilihan (Minor):
Komunikasi Sosial
Lulusan mampu mengaplikasikan teori-teori komunikasi dalam analisis hubungan sosial dalam pemecahan masalah-masalah sosial dan pembangunan terkait dalam bidang ilmu utama (mayor) atau bidang disiplin profesi yang ditekuninya.

Manajemen Komunikasi
Lulusan mampu mengelola komunikasi secara asertif, efektif dan etis dalam menganalisis dan mengembangkan solusi atas masalah-masalah terkait dalam bidang ilmu utama (mayor) atau bidang disiplin profesi yang ditekuninya.

Teknologi Komunikasi
Lulusan mampu menganalisis penerapan dan pengembangan media dan teknik komunikasi secara tepat terkait dalam bidang ilmu utama (mayor) atau bidang disiplin profesi yang ditekuninya.

Kurikulum

 
<< Start < Prev 41 42 43 44 45 46 47 48 49 50 Next > End >>

Results 415 - 423 of 557

Menu Utama

Home
Pendaftaran Online
- - - - - - - - - - - - - - - - - -
FAQs
Isi Buku Tamu
Agenda
Link
Pencarian
Jadwal
- - - - - - - - - - - - - - - - - -
Milis Alumni SPs
Milis Jadwal Seminar
Perpustakaan IPB
Katalog Online
Email IPB
- - - - - - - - - - - - - - - - - -
Home IPB
SIMAK PASCA IPB
Fakultas

Statistik

Members: 8527
News: 639
Web Links: 8

Sedang Online

We have 7 guests online

Sosial Media

SPs On Twitter

Pascasarjana On FB

Pascasarjana On Group

Home