::Sekolah Pascasarjana IPB (Institut Pertanian Bogor)::

slide.gif
MKM
Ilmu Ekonomi Pertanian (EPN) [S2] Print E-mail
Written by Administrator   

Fakultas Ekonomi dan Manajemen
Departemen Ekonomi Sumberdaya dan Lingkungan
Ketua Program Studi : Sri Hartoyo

Tujuan Pendidikan
Menghasilkan lulusan bergelar Magister Sains yang :

  1. Memiliki kemampuan yang tinggi dalam: (a) penguasaan teori ekonomi dan pembangunan, (b) pemecahan masalah ekonomi pertanian dan pembangunan nasional, dan (c) pengembangan ilmu melalui penelitian, penulisan dan penyajian ilmiah dalam forum nasional dan internasional.
  2. Memiliki kemandirian dalam melaksanakan kegiatan penelitian, pendidikan, perencanaan dan perumusan kebijakan di berbagai lembaga pemerintah maupun swasta.

Kompetensi Lulusan
Kompetensi lulusan yang bergelar Magister Sains adalah :

  1. Bidang ilmu ekonomi pertanian dengan konsentrasi : (a) ekonomi produksi dan usaha pertanian, (b) pemasaran dan perdagangan pertanian, atau (c) pembangunan dan kebijakan pertanian.
  2. Memiliki kemampuan analisis dan perumusan kebijakan di bidang ekonomi pertanian.

Kurikulum

    *    Tidak diwajibkan bagi mahasiswa yang dapat menunjukkan bukti lulus TOEFL internasional atau institusional dengan nilai minimal 450 untuk Program Magister dan 475 untuk Program Doktor
    **    Dapat diambil sebagai mata kuliah Minor atau mata kuliah Penunjang dengan masing-masing mata kuliah prasyaratnya bagi mahasiswa dari luar Mayor Ilmu Ekonomi Pertanian

Catatan:

  1. Mahasiswa Mayor Ilmu Ekonomi Pertanian (EPN) dapat mengambil mata kuliah yang relevan dari Mayor lainnya (diluar Mayor EPN) dengan seijin Koordinator Mayor (jika belum mempunyai komisi Pembimbing) atau Ketua Komisi Pembimbing (jika sudah memiliki komisi pembimbing);
  2. Mata Kuliah Prasyarat harus dipenuhi, kecuali atas ijin dosen mata kuliah dan Koordinator Mayor; dan
  3. Jumlah sks minimum untuk masing-masing Program Magister adalah 41 sks dan Program Doktor adalah 43 sks.

 

 
Ekonomi Sumberdaya Kelautan Tropika (ESK) [S2] Print E-mail
Written by Administrator   

Fakultas Ekonomi dan Manajemen
Departemen Ekonomi Sumberdaya dan Lingkungan
Ketua Program Studi : Tridoyo Kusumastanto

Tujuan Pendidikan
Mendidik dan mempersiapkan para lulusannya dengan ilmu pengetahuan di bidang analisis sosial-ekonomi sumberdaya kelautan. Dengan demikian, lulusannya menjadi intelektual yang mempunyai kemampuan analisis dan merumuskan kebijakan di bidang ekonomi sumberdaya kelautan dan perikanan tropika melalui pendekatan analitik-kuantitatif secara komprehensif serta berdedikasi tinggi, jujur dan profesional.

Kompetensi Lulusan

  1. Mampu mengidentifikasi, mengukur dan  menganalisis secara ekonomi dan sosial pengelolaan sumberdaya kelautan dan perikanan tropika  dalam rangka peningkatan aktivitas ekonomi, kesejahteraan masyarakat dan kelestarian sumberdaya.
  2. Berwawasan luas, professional, kreatif dan mandiri.
  3. Memiliki kemampuan dalam mengatasi masalah pengelolaan ekonomi sumberdaya kelautan dan perikanan tropika.

Kurikulum

 
Ekonomi Sumberdaya dan Lingkungan (ESL) [S2] Print E-mail
Written by Administrator   

Fakultas Ekonomi dan Manajemen
Departemen Ekonomi Sumberdaya dan Lingkungan
Ketua Program Studi : Akhmad Fauzi

Tujuan Pendidikan
Mempelajari dan mengembangkan bidang ilmu-ilmu Ekonomi Sumberdaya Alam dan Lingkungan dan Ilmu-ilmu penunjangnya.

Kompetensi Lulusan
Memiliki kemampuan analisis dibidang ilmu-ilmu Ekonomi Sumberdaya Alam dan Lingkungan dan ilmu-ilmu penunjangnya serta mampu menyusun rekomendasi kebijakan pemanfaatan dan pengelolaan sumberdaya alam dan lingkungan yang optimal untuk kepentingan masyarakat sekarang dan masa depan.

Kurikulum


 
Ilmu Manajemen (MAN) [S2] Print E-mail
Written by Administrator   

Fakultas Ekonomi dan Manajemen
Departemen Manajemen
Ketua Program Studi : Abdul Kohar Irwanto

Tujuan Pendidikan
Setelah mengikuti pendidikan pada Program Mayor Ilmu Manajemen, lulusan mampu menguasai dan menganalisis teori di bidang ilmu manajemen, serta mampu meneliti dan menerapkan ilmu manajemen pada pekerjaan dan organisasi.

Kompetensi Lulusan
Mampu menguasai dan menganalisis teori di bidang ilmu manajemen, serta mampu meneliti dan menerapkan ilmu manajemen pada pekerjaan dan organisasi.

Kurikulum


 
Ilmu Perencanaan Pembangunan Wilayah dan Pedesaan (PWD) [S2] Print E-mail
Written by Administrator   

Fakultas Ekonomi dan Manajemen
Departemen Ilmu Ekonomi
Ketua Program Studi : Bambang Juanda

Tujuan Pendidikan
Pendidikan Mayor Ilmu-Ilmu Perencanaan Pembangunan Wilayah dan Perdesaan (PWD), bertujuan untuk menghasilkan tenaga ahli Perencanaan Pembangunan Wilayah dan Perdesaan yang berkemampuan:  (1) memahami interelasi, interaksi, dan interdependensi antara aspek fisik-biologi lingkungan, aspek ekonomi dan manajemen, aspek sosial budaya dan kelembagaan,  aspek politik, dan aspek tata ruang dalam Pembangunan Wilayah dan Perdesaan; (2) menguasai metodologi perencanaan pembangunan: dasar teori, konsep-konsep mutakhir, beserta metode analisisnya; (3) berwawasan holistik dalam arti mampu melihat permasalahan dalam konteks pembangunan wilayah dan perdesaan secara menyeluruh beserta dinamika yang menyertainya (system thinking), memiliki integritas yang tinggi dan mampu menerapkan pemahamannya atas konsep-konsep dasar dan penguasaannya atas metodologi untuk memecahkan masalah-masalah riil di lapangan dan atau menyumbang terhadap kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, khususnya yang berkaitan dengan pembangunan wilayah dan perdesaan yang berkelanjutan.

Kompetensi Lulusan

  1. Mampu mengembangkan dan memutakhirkan sains dan teknologi dalam bidang perencanaan pembangunan wilayah dan perdesaan berbasis pada interasi, interaksi, dan / atau interdependensi antara aspek biofisik lingkungan, aspek ekonomi dan manajemen, aspek sosial budaya dan kelembagaan, aspek politik dan aspek tata ruang.
  2. Kompeten, profesional, kreatif dan inovatif, berwawasan luas dan berintegrasi tinggi.
  3. Mampu mengatasi masalah-masalah perencanaan pembangunan wilayah dan perdesaan, serta memanfaatkan peluang-peluang dalam bidang perencanaan pembangunan wilayah, baik di dalam maupun di luar negeri secara responsif.

Kurikulum

Bertumpu pada empat aspek, yaitu: fisik-biologi lingkungan (A), ekonomi dan manajemen (B), sosial budaya dan kelembagaan (C), dan politik (D) yang masing-masing merepresentasikan pilar-pilar yang secara keseluruhan membangun tetrahedral, dimana aspek tata ruang sebagai porosnya (E) (Gambar 1), maka agar kajian dapat lebih terfokus dan mendalam sesuai dengan rentang waktu studi yang tersedia dan kendala-kendala lainnya yang dihadapi mahasiswa, Mayor PWD menyediakan  tiga konsentrasi Pilihan Minat/Penunjang, yaitu: 1) ekonomi perencanaan pembangunan wilayah dan perdesaan, 2) ekonomi dan manajemen sumberdaya wilayah dan perdesaan, 3) ekonomi politik dan kelembagaan pembangunan wilayah dan perdesaan.

*      Tidak diwajibkan bagi mahasiswa yang dapat menunjukkan bukti nilai TOEFL institusional minimal 450
**     Mata Kuliah dapat diambil dari dalam atau luar mayor dengan persetujuan komisi pembimbingdan Koordinator Mayor (Ketua Program Studi)
***     Dapat diambil sebagai mata kuliah Penunjang/Minat dengan masing-masing mata kuliah prasyaratnya bagi mahasiswa dari luar Mayor Ilmu-Ilmu Perencanaan Pembanguan Wilayah dan Perdesaan (PWD)

*      Mata kuliah pilihan dapat diambil dari mata kuliah bidang minat lain dalam Mayor yang sama atau dari mayor lainnya di IPB atau luar IPB dengan persetujuan komisi pembimbing dan Koordinator Mayor (Ketua Program Studi)

 
<< Start < Prev 41 42 43 44 45 46 47 48 49 50 Next > End >>

Results 415 - 423 of 548

Menu Utama

Home
Pendaftaran Online
- - - - - - - - - - - - - - - - - -
FAQs
Isi Buku Tamu
Agenda
Link
Pencarian
Jadwal
- - - - - - - - - - - - - - - - - -
Milis Alumni SPs
Milis Jadwal Seminar
Perpustakaan IPB
Katalog Online
Email IPB
- - - - - - - - - - - - - - - - - -
Home IPB
SIMAK PASCA IPB
Fakultas

Statistik

Members: 7797
News: 629
Web Links: 8

Sedang Online

We have 1 guest online

Sosial Media

SPs On Twitter

Pascasarjana On FB

Pascasarjana On Group

Home