::Sekolah Pascasarjana IPB (Institut Pertanian Bogor)::

slide1.gif
MKM
Teknologi Industri Pertanian (TIP) [S2] Print E-mail
Written by Administrator   
Fakultas Teknologi Pertanian
Departemen Teknologi Industri Pertanian
Ketua Program Studi : Machfud
 
Tujuan Pendidikan
Sesuai dengan Rencana Strategis (Renstra) IPB dan Fateta, IPB yang menjadikan agroindustri sebagai obyek formal dalam penjabaran Tri Dharma Perguruan Tinggi, dan mengacu pada tujuan Departemen Teknologi Industri Pertanian, maka tujuan  pendidikan Program Magister Teknologi Industri Pertanian adalah sebagai berikut:
(a)    menghasilkan tenaga ahli, akademisi, praktisi, dan peneliti yang berkemampuan handal dalam bidang atau disiplin ilmu Teknologi Industri Pertanian,
(b)    menghasilkan, menyebarluaskan dan mengupayakan penerapan temuan penelitian di bidang atau disiplin Teknologi Industri Pertanian untuk menunjang  pembangunan dan pengembangan Agroindustri nasional yang berdaya saing tinggi bagi kesejahteraan rakyat Indonesia.
 
Kompetensi Lulusan
Kompetensi utama lulusan strata S2 Program Pascasarjana Teknologi Industri Pertanian adalah “Mampu menganalisa, merancang dan mengelola Agroindustri melalui penelitian, pengembangan dan aplikasi ilmu dan teknologi untuk meningkatkan kinerja sistem agroindustri”. Kompetensi utama ini didukung oleh kompetensi pendukung yang merupakan integrasi kelompok keahlian dalam lulusan strata S2 Program Pascasarjana Teknologi Industri Pertanian. Kompetensi pendukung yang merupakan integrasi kelompok keahlian tersebut adalah:
(a)    mampu menganalisa, mensintesa, merencanakan dan  mengimplementasikan solusi permasalahan agroindustri pada bidang rekayasa sistem dan industri, inovasi teknologi dan pengembangan bisnis serta rekayasa komputasi agroindustri (kompetensi penunjang stream Teknik dan Sistem Industri),
(b)    mampu merancang,  mensintesa, mengelola, melaksanakan, mengevaluasi dan/atau mengembangkan teknologi untuk menghasilkan proses/bioproses yang lebih efisien dan produktif dan/atau produk yang memiliki nilai tambah dan daya saing yang lebih tinggi (kompetensi penunjang  stream Teknologi Proses dan Bioproses),
(c)    mampu mengintegrasikan aspek lingkungan dalam sistem agroindustri dan mengembangkan green technology dan safe processes untuk mewujudkan agroindustri yang berkelanjutan, yaitu agroindustri yang menghasilkan nilai tambah, berdaya saing tinggi dan ramah lingkungan (kompetensi penunjang stream Teknik dan Manajemen Lingkungan).

Profil Lulusan
Profil lulusan yang dihasilkan oleh Program Studi Pascasarjana Teknologi Industri Pertanian strata S2 adalah orang-orang yang akan bertindak sebagai peneliti, akademisi, praktisi ahli dan profesional serta berkemampuan handal dalam mengembangkan penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam sistem agroindustri.

Kurikulum Pendidikan
Mata kuliah Program Pascasarjana Teknologi Industri Pertanian strata S2 terdiri dari mata kuliah wajib (26 sks) , mata kuliah driver, dan mata kuliah pilihan (13 sks). Setiap mahasiswa Program Pascasarjana Teknologi Industri Pertanian wajib untuk memilih salah satu kompetensi ( mata kuliah driver) berdasarkan stream atau kelompok keahlian dalam bidang atau disiplin TIP, yaitu kompetensi teknik dan sistem industri, kompetensi teknologi proses dan bioproses, dan kompetensi teknik dan manajemen lingkungan.

TIP
 
Ilmu Pangan (IPN) [S2] Print E-mail
Written by Administrator   
Fakultas Teknologi Pertanian
Departemen Ilmu dan Teknologi Pangan
Ketua Program Studi : Ratih Dewanti-Hariyadi

Tujuan Pendidikan
Tujuan Program Studi Ilmu Pangan adalah :
1.     Menghasilkan ilmuwan pangan yang

  • Mandiri dalam mengembangkan dan memutakhirkan IPTEK pangan berbasis komoditi lokal
  • Kompeten, profesional, kreatif dan berwawasan luas
  • Tanggap dan mampu mengatasi masalah serta memanfaatkan peluang dalam bidang pangan baik nasional maupun internasional

2.    Menghasilkan, menyebarluaskan dan mengupayakan penerapan temuan penelitian dalam mengembangkan ilmu pangan berbasis kondisi tropika dengan dengan memanfaatkan secara optimal sumberdaya alam nasional, guna mendukung industrialisasi dan globalisasi dalam rangka mencapai masyarakat sejahtera.

Kompetensi Lulusan
Mampu mengembangkan  penerapan  dan  inovasi  iptek  dalam bidang kimia pangan, mikrobiologi pangan, rekayasa proses pangan atau biokimia pangan melalui penelitian berbasis sumber daya lokal.

Opsi
Mahasiswa Program S2 IPN dapat memilih SATU dari 3 OPSI berikut :

  1. Mayor IPN dan mata kuliah pilihan mayor IPN atau
  2. Mayor IPN dan mata kuliah penunjang (mata kuliah dari IPN dan atau program mayor selain IPN dengan nomor kode > 500)
  3. Mayor IPN dan paket minor dari program mayor lain

Kurikulum

*)mahasiswa Program S2 IPN diperkenankan mengambil mata kuliah pilihan mayor/penunjang dari daftar mata kuliah penunjang/pilihan untuk S3 setelah berkonsultasi pada dosen pembimbing masing-masing dan  mendapat persetujuan koordinator mata kuliah tersebut.

PAKET MINOR (bagi mahasiswa S2 Program Mayor bukan IPN)
Mata kuliah Paket Minor dari Program Studi IPN untuk Program S2 (10 SKS)

  *) Mata kuliah wajib mayor S2 IPN lainnya dan mata kuliah penunjang/pilihan mayor S2 IPN


 
Teknologi Pascapanen (TPP) [S2] Print E-mail
Written by Administrator   

Fakultas Teknologi Pertanian
Departemen Teknik Pertanian
Ketua Program Studi : Sutrisno

Tujuan Pendidikan
Mayor Teknologi Pascapanen merupakan Program Studi Oligodisiplin (Teknik Pertanian, Ilmu dan Teknologi Pangan, Hama dan Penyakit Tanaman, dan program studi lainnya) yang dirancang untuk menghasilkan lulusan Magister yang memiliki kompetensi di bidang Teknologi Pascapanen.

Kompetensi Lulusan
Mampu mengidentifikasi, menganalisis dan memecahkan permasalahan pascapanen (penanganan, penyimpanan, pengolahan, transportasi dan distribusi) dalam mempertahankan mutu, menekan susut, dan meningkatkan nilai tambah hasil pertanian, perkebunan, peternakan, dan perikanan untuk mengembangkan teknologi pascapanen yang efektif dan efisien.

Kurikulum

Keterangan :   
Mata kuliah pilihan Mayor diambil di semester 2 dan 3. Semester 2 sebanyak 4 SKS dan semester 3 sebanyak 6 SKS

 
Teknik Sipil dan Lingkungan (SIL) [S2] Print E-mail
Written by Administrator   

Fakultas Teknologi Pertanian
Departemen Teknik Sipil dan Lingkungan
Ketua Program Studi : Nora Herdiana Pandjaitan

Tujuan Pendidikan
Mayor Teknik Sipil dan Lingkungan menawarkan program pendidikan Magister Sains dengan tujuan pendidikan sebagai berikut :

  1. Mengembangkan kemampuan menganalisis dan memecahkan permasalahan di bidang  teknik sipil dan lingkungan
  2. Memberikan kemampuan untuk merancang pengembangan-pengembangan baru baik dengan desain baru  maupun dengan cara simulasi
  3. Memberikan kemampuan untuk dapat menerapkan ilmu pengetahuan untuk mendukung perkembangan dan kemajuan teknik sipil dan lingkungan
  4. Menghasilkan lulusan yang cakap, trampil, komunikatif, bermutu dan berkemampuan seperti pada butir 1, 2 dan 3 di atas, serta sanggup berkompetisi dengan lulusan perguruan tinggi lain, baik dari dalam maupun dari luar negeri, dalam bidang teknik sipil dan lingkungan.

Kompetensi Lulusan
Mampu mengidentifikasi dan menganalisis permasalahan teknik (engineering) dalam perencanaan dan pengelolaan sumberdaya air dan lahan, perencanaan infrastruktur dan konstruksi bangunan serta penanganan polusi dan sanitasi lingkungan untuk menemukan solusi yang efektif dan inovatif  baik dalam bentuk konsep, model, desain, maupun prototipe dalam sistem pengembangan wilayah.

Kurikulum

Keterangan : 
Mata kuliah pilihan Mayor diambil di semester 2 dan 3 sebanyak 4 SKS disetiap semesternya.

 

 
Teknik Mesin Pertanian dan Pangan (TMP) [S2] Print E-mail
Written by Administrator   

Fakultas Teknologi Pertanian
Departemen Teknik Pertanian
Ketua Program Studi : Setyo Pertiwi

Tujuan Pendidikan
Mayor Teknik Mesin Pertanian dan Pangan termasuk Program Studi Monodisiplin di Departemen Teknik Pertanian Fakultas Teknologi Pertanian IPB, menawarkan program ”Pendidikan Magister Sains (S2)” dengan tujuan menghasilkan lulusan dengan kompetensi Teknik Mesin Pertanian dan Pangan.

Kompetensi Lulusan
Mampu mengidentifikasi dan menganalisis permasalahan teknik mesin dalam bidang pertanian, pangan, dan energi untuk menemukan solusi yang efektif dan inovatif baik dalam bentuk konsep, model, desain, dan prototipe maupun sistem perencanaan produksi

Kurikulum

TMP

Keterangan :
Mata kuliah pilihan Mayor diambil di semester 2 dan 3 sebanyak 4 SKS disetiap semesternya

 
<< Start < Prev 41 42 43 44 45 46 47 48 49 50 Next > End >>

Results 415 - 423 of 532

Menu Utama

Home
Pendaftaran Online
- - - - - - - - - - - - - - - - - -
FAQs
Isi Buku Tamu
Agenda
Link
Pencarian
Jadwal
- - - - - - - - - - - - - - - - - -
Milis Alumni SPs
Milis Jadwal Seminar
Perpustakaan IPB
Katalog Online
Email IPB
- - - - - - - - - - - - - - - - - -
Home IPB
SIMAK PASCA IPB
Fakultas

Statistik

Members: 6091
News: 612
Web Links: 8

Sedang Online

We have 6 guests online
Menurut Anda Tampilan Website ini
 

Sosial Media

SPs On Twitter

Pascasarjana On FB

Pascasarjana On Group

Home