::Sekolah Pascasarjana IPB (Institut Pertanian Bogor)::

Penelitian
Program S3 Melalui Jalur Perkuliahan PDF Print E-mail
Written by Humas   
Minggu, 24 Agustus 2008

Program doktor jalur perkulihan adalah program doktor dengan proporsi SKS mata kuliah lebih besar dibandingkan dengan proporsi penelitian.  Dalam struktur kurikulum pendidikan doktor di IPB, jumlah kredit minimum yang wajib diambil mahasiswa jalur perkulihan adalah 40 SKS, dengan rincian perkulihan 26 SKS, kolokium 1 SKS, seminar 1 SKS dan disertasi 12 SKS.
 

Perkuliahan tersebut ditujukan untuk membina mahasiswa agar memiliki wawasan dan kemampuan dasar keilmuan dan keterampilan teknis yang diperlukan dalam merancang, melaksanakan, menganalisis, dan menyimpulkan hasil penelitian serta mempublikasikannya dalam jurnal ilmiah dan menyusun disertasi.  Dengan demikian, perkuliahan merupakan pilar kopetensi mahasiswa dalam melaksanakan penelitian yang berkualitas.
 

Mata kuliah yang diambil dalam program doktor harus yang sifatnya lanjut (advanced) yang ditunjukkan dengan kode nomor mata kuliah seri 600 dan seri 700. Mata-mata kuliah seri 500 diperkenankan untuk diambil dan akan dicantumkan dalam transkrip, meskipun tidak diperhitungkan dalam penetapan jumlah SKS minimum dan Nilai Mutu Rata-rata. Topik khusus (PPs 700) dapat diambil oleh mahasiswa program doktor maksimum 6 SKS.
 

Mahasiswa yang selama 2 (dua) semester berturut-turut sejak memulai program doktor memperoleh nilai mutu rata-rata (NMR) < 3.25, tidak diperkenankan untuk meneruskan studinya di program doktor SPs. 
 

Program doktor dapat pula ditempuh dengan jalur perkuliahan melalui program langsung dari program magister sains (S2) tanpa melalui penulisan tesis S2. Bagi mahasiswa S2 yang mengikuti program ini harus memenuhi persyaratan minimal 24 SKS dengan IPK > 3.75 dalam dua semester berturut-turut dengan catatan semua nilai M.K yang diambil pada semester tersebut harus sudah masuk, mempunyai makalah yang relevan yang dipublikasi atau diterima untuk dipublikasi pada jurnal terakreditasi, mendapat rekomendasi dari komisi pembimbing, koordinator Program studi/mayor, sponsor dan pimpinan instansi tempat bekerja yang dibuktikan dengan surat persetujuan dari seluruh pihak yang terkait, serta membuat proposal penelitian yang berbobot untuk penelitian program doktor dan 2 kali seminar masing-masing 1 SKS.

 

Untuk program langsung ini, beban sks yang harus ditempuh :

-       Program magister :   Mata Kuliah -------------------------------------------------- : 24 sks

-       Program doktor :  Kolokium 1 sks, dua kali seminar masing-masing 1 sks,

                                     Disertasi 12 sks, dan perkuliahan 26 sks ------------------ : 41 sks

                                                                                                                   __________
 

                                                                                           Jumlah                 :  65 sks 
 

 
Penyelenggaraan PDF Print E-mail
Written by Humas   
Minggu, 24 Agustus 2008


Program doktor di Institut Pertanian Bogor dapat ditempuh melalui dua jalur, yaitu jalur yang sebagian besar bobot SKSnya diambil dari perkuliahan dan jalur yang sebagian besar bobot SKSnya diambil dari kegiatan penelitian termasuk seminar dan publikasi ilmiah. Selanjutnya jalur pertama disebut jalur perkuliahan sedangkan jalur kedua disebut jalur penelitian . Kedua jalur tersebut mensyaratkan penelitian dan penulisan disertasi.

Program doktor meliputi bobot pendidikan sekurang-kurangnya 40 SKS untuk jalur perkuliahan atau 41 SKS untuk jalur penelitian di atas program magister sains (M.Si).  Program doktor dapat ditempuh minimum dalam 6 (enam) semester dan maksimum dalam 10 (sepuluh) semester.

Kualifikasi lulusan yang ingin dicapai dari jalur perkuliahan dan jalur penelitian tersebut pada prinsipnya sama. Perbedaannya terletak pada cara pembinaan mahasiswa untuk memiliki wawasan dan kemampuan dasar keilmuan dan keterampilan teknis yang diperlukan untuk merancang, melaksanakan, menganalisis, dan menyimpulkan hasil penelitian serta mempublikasikannya pada jurnal ilmiah dan menyusun disertasi.

 

 
Ujian Akhir PDF Print E-mail
Written by Humas   
Minggu, 24 Agustus 2008

Setelah memenuhi semua persyaratan, maka atas persetujuan komisi pembimbing, mahasiswa dapat melaksanakan ujian akhir.  Pada ujian akhir komisi pembimbing menguji pengetahuan yang bertalian dengan mayor dan minor yang bersangkutan termasuk tesis. Persetujuan lengkap dari semua anggota komisi penguji diperlukan untuk dapat meluluskan mahasiswa. Mahasiswa yang gagal dalam ujian akhir dapat mengulang satu kali dalam jangka waktu tidak kurang dari satu semester. Jika pada ujian ulangan mahasiswa gagal lagi, maka mahasiswa yang bersangkutan dinyatakan gagal dan tidak dapat melanjutkan studinya (drop-out). Jika mahasiswa diharuskan memperbaiki tesisnya, maka catatan perbaikan ditulis dan ditandatangani oleh mahasiswa yang bersangkutan dengan persetujuan ketua komisi. Catatan perbaikan ini menjadi data SPs dan digunakan untuk memantau perbaikan yang telah dilakukan.

 
Persyaratan Masa Mukim PDF Print E-mail
Written by Humas   
Minggu, 24 Agustus 2008

 

Mahasiswa pada program magister sains paling sedikit harus mengikuti 2 semester kuliah beban penuh di SPs  sebelum mengikuti ujian akhir.

 

 
Tesis PDF Print E-mail
Written by Humas   
Minggu, 24 Agustus 2008

Kurikulum program magister sains mencakup kewajiban penulisan hasil penelitian berupa tesis pada akhir masa studi.  Format tesis dibakukan sesuai dengan tatacara yang terdapat di dalam Buku Panduan Penulisan Tesis IPB.  SPs mempunyai wewenang untuk menilai tesis setiap mahasiswa SPs, terutama terhadap format dan bahasanya. Tesis harus diserahkan ke SPs selambat-lambatnya 3 bulan setelah ujian dilaksanakan. Bagi yang akan mengikuti wisuda, tesis harus sudah diterima SPs paling lambat 10 (sepuluh) hari sebelum wisuda dilaksanakan dan sudah disyahkan oleh komisi pembimbing dan koordinator mayor.  Surat keterangan lulus (SKL) dikeluarkan setelah tesis ditandatangani Dekan.  Mahasiswa yang tidak memperoleh SKL tidak berhak menyandang gelar M.Si. dan tidak memperoleh ijazah.

 
<< Start < Prev 1 2 3 4 Next > End >>

Results 19 - 27 of 29
dies_54_ri_72

Pembayaran SPP

 CEK JUMLAH TAGIHAN BIAYA PENDIDIKAN

   

spp.ipb.ac.id

Beasiswa Luar Negeri

DDIP

Suiji

DDIP

Jumlah Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
 Today422
 Yesterday2499
 This week2921
 This month32289
 All2264038

Pencarian

Sosial Media

sps on youtube 

SPs On Twitter

Pascasarjana On FB

Pascasarjana On Group

Statistik

Members: 3782
News: 837
Web Links: 37

Sedang Online

We have 2 guests online
Home arrow Penelitian