::Sekolah Pascasarjana IPB (Institut Pertanian Bogor)::

Kemahasiswaan Print
Written by Administrator   
Minggu, 24 Agustus 2008
Article Index
Kemahasiswaan
Page 2
Page 3
Page 4

Penerimaan Mahasiswa Asing
       Mahasiswa asing dapat diterima pada berbagai program yang berbahasa Indonesia di SPs dengan ketentuan menguasai Bahasa Indonesia, memenuhi syarat-syarat yang berlaku, serta menyerahkan bukti izin khusus (persetujuan) dari Departemen Pendidikan Nasional. Mahasiswa asing yang mengikuti program internasional, tidak diharuskan menguasai Bahasa Indonesia.
       Mahasiswa asing dapat diterima sebagai Mahasiswa Riset dengan jangka waktu satu tahun. Masa studi mahasiswa riset dapat diperpanjang sesuai peraturan yang berlaku. Ketentuan mengenai status mahasiswa riset dituangkan dalam suatu peraturan akademik.

Cara Melamar dan Persyaratan
Cara melamar dan persyaratannya dapat dibaca pada Buku Informasi dan Panduan Penerimaan Mahasiswa Baru yang diterbitkan oleh SPs.

Biaya Pendidikan
Mahasiswa diwajibkan membayar biaya pendidikan (SPP) yang besarnya sesuai dengan ketentuan dan peraturan yang berlaku.
Tabel Biaya SPP dan Biaya Tesis/Disertasi

Pola pembayaran SPP seperti tabel diatas tidak berlaku bagi mahasiswa dengan status non aktif atau cuti

       Untuk itu, mahasiswa wajib melakukan daftar ulang (her-registrasi) dan membayar SPP tepat pada waktunya sampai memperoleh Surat Keterangan Lulus. Bagi mahasiswa yang terlambat membayar biaya SPP dan biaya keterlambatan sesuai dengan ketentuan dan peraturan yang berlaku. Mahasiswa yang lalai sehingga tidak membayar SPP sampai waktu yang ditentukan dapat dikenai sanksi akademik atau pemutusan pelayanan administrasi maupun akademik.
       Komponen SPP mahasiswa tidak mencakup : (a) biaya penelitian, (b) biaya perjalanan anggota komisi pembimbing dari luar Bogor yang dibutuhkan untuk sidang komisi, (c) biaya perjalanan mahasiswa untuk konsultasi, dan (d) biaya perjalanan komisi pembimbing untuk supervisi penelitian yang penelitiannya dilakukan di luar Bogor.
       Komponen SPP mahasiswa juga tidak mencakup biaya-biaya untuk keperluan kegiatan akademik yang bersifat individual misalnya praktek lapang, tugas pengumpulan data (primer/sekunder) yang diberikan oleh staf pengajar sebagai tugas dalam topik khusus atau oleh komisi pembimbing untuk keperluan penyusunan usulan penelitian atau untuk penjajagan lokasi penelitian.
       Beberapa program Program studi/mayor menawarkan kuliah alih semester, yaitu perkuliahan yang diselenggarakan diantara semester genap dan semester ganjil yang dilakukan secara intensif. Mahasiswa peserta program alih semester dikenakan kewajiban her-registrasi dan membayar SPP sesuai ketentuan yang berlaku.
       Bagi mahasiswa penerima beasiswa dari instansi swasta maupun pemerintah (termasuk BPPS) dapat terjadi bahwa beasiswa yang diberikan tidak mencakup biaya semester pendek, Biaya Kemahasiswaan, Biaya Pengembangan Program Sekolah Pascasarjana, Biaya Tesis/Disertasi dan Biaya pendaftaran ulang/her-registrasi karena itu biaya-biaya tersebut menjadi tanggungan mahasiswa.

 

Penerimaan Mahasiswa
Status Penerimaan
     a. Penerimaan dengan status biasa
     b. Penerimaan dengan status percobaan
Penerimaan Mahasiswa Asing
Cara Melamar dan Persyaratan
Biaya Pendidikan
Program Matrikulasi

 



 
< Prev   Next >
dies_54_ri_72

Pembayaran SPP

 CEK JUMLAH TAGIHAN BIAYA PENDIDIKAN

   

spp.ipb.ac.id

Beasiswa Luar Negeri

DDIP

Suiji

DDIP

Jumlah Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
 Today215
 Yesterday2548
 This week10010
 This month45537
 All2166897

Pencarian

Sosial Media

sps on youtube 

SPs On Twitter

Pascasarjana On FB

Pascasarjana On Group

Statistik

Members: 2571
News: 827
Web Links: 37

Sedang Online

We have 2 guests online
Home arrow Administrasi arrow Kemahasiswaan