::Sekolah Pascasarjana IPB (Institut Pertanian Bogor)::

slide1.gif
Program Manajemen dan Bisnis (MB) [S2] Print E-mail
Written by Administrator   
Article Index
Program Manajemen dan Bisnis (MB) [S2]
Page 2
Page 3

Struktur dan Isi Kurikulum
Program MMA-IPB diselenggarakan dengan menerapkan sistem perkuliahan terstruktur. Peserta diwajibkan untuk mengikuti kuliah tatap muka sebanyak 42 SKT (Satuan Kredit Triwulan atau setara dengan Satuan Kredit Semester) dan melakukan penelitian (menulis tesis) dengan bobot enam SKT. Jumlah SKT yang harus dipenuhi untuk memperoleh gelar Magister Manajemen adalah 48 SKT. Penyelenggaraan kuliah dilakukan dengan sistem triwulan (tiga bulan), namun satuan kredit triwulan (SKT) sama bobotnya dengan Satuan Kredit Semester (SKS).  Setiap satu satuan kredit semester terdiri dari 13,5 jam tatap muka di kelas, demikian pula dengan satu satuan kredit triwulan terdiri dari 13,5 jam tatap muka di kelas. Perbedaannya, SKS diselenggarakan dalam enam bulan kalender akademik, sedangkan SKT diselenggarakan dalam tiga bulan kalender akademik.
Mata kuliah di dalam kurikulum diselenggarakan dalam dua periode, yaitu periode matrikulasi dan periode kuliah. Pada periode matrikulasi peserta diwajibkan mengikuti beberapa mata kuliah wajib. Tujuan dari matrikulasi adalah untuk mempersiapkan peserta sehingga memiliki pengetahuan dasar mengenai mata kuliah Ekonomi, Matematika, dan Statistika, serta pemahaman agribisnis sebagai persiapan untuk mengikuti periode kuliah. Peserta dapat dibebaskan untuk tidak mengikuti beberapa mata kuliah matrikulasi jika yang bersangkutan dapat lulus ujian mata kuliah tersebut pada saat seleksi masuk. Periode matrikulasi diselenggarakan selama satu triwulan (tiga bulan). Mata kuliah matrikulasi diberikan bobot nol SKT, namun diselenggarakan selama 27 jam tatap muka atau setara dengan dua SKT. Nilai mata kuliah matrikulasi tidak mempengaruhi indeks prestasi kumulatif karena mata kuliah tersebut tidak memiliki bobot SKT, dan perhitungan indeks prestasi hanya berdasarkan nilai-nilai yang diperoleh peserta pada saat periode kuliah.
Setelah menyelesaikan periode matrikulasi, peserta memasuki periode kuliah yang berlangsung selama empat sampai lima triwulan. Setelah menyelesaikan periode kuliah, peserta memasuki periode penelitian dan penulisan tesis selama enam triwulan (18 bulan). Peserta dianjurkan untuk menulis proposal tesis dan melakukan penelitian pada periode kuliah bersamaan dengan diberikannya materi kuliah Metode Riset Bisnis. Hal ini dimaksudkan untuk mempercepat kelulusan peserta. Beberapa peserta mampu menyelesaikan penulisan tesis dan lulus ujian tesis beberapa hari setelah perkuliahan berakhir. Mahasiswa tersebut biasanya telah bekerja keras melakukan penelitian sambil mengikuti kuliah pada masa Triwulan 4 dan Triwulan 5.  

Tabel 1. Struktur Kurikulum MMA-IPB Tahun 2004

Pada Tabel 1 terlihat bahwa berdasarkan hasil Lokakarya Akademik Tahun 2002 diputuskan bahwa periode maksimal penelitian dan penulisan tesis dipersingkat menjadi empat triwulan (12 bulan) yang terdiri dari enam bulan masa penelitian dan penulisan tesis dan enam bulan masa peringatan.
Penyelenggaraan Kurikulum MMA-IPB disesuaikan dengan kebutuhan dan tuntutan stakeholders, yaitu latar belakang peserta. MMA-IPB merancang penyelenggaraan kurikulumnya sesuai dengan kebutuhan calon peserta yang telah bekerja dan calon peserta yang baru lulus program sarjana (umumnya belum bekerja dan memiliki pengalaman kerja).  Kebutuhan utama dari peserta yang telah bekerja adalah memadukan pengetahuan untuk bekerja dengan pengetahuan dan keterampilan yang diberikan semasa kuliah. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, Program MMA menyelenggarakan kelas sore.
Kurikulum Kelas Sore terbagi ke dalam kelas sore Bogor dan kelas Sore Jakarta. Kelas Sore Bogor  adalah penyelenggaraan Kurikulum MMA-IPB yang dilaksanakan setiap hari Senin sampai Kamis mulai pukul 18.30 sampai 21.30 WIB atau 22.30 WIB di Kampus MB-IPB Bogor. Kelas Sore Bogor terutama ditujukan kepada peserta yang tinggal di Bogor dan sekitarnya (Cianjur, Sukabumi, dan Depok). Seluruh perkuliahan diselenggarakan di Kampus MB-IPB Bogor. Kurikulum Kelas Sore Jakarta adalah penyelenggaraan Kurikulum MMA–IPB yang dilaksanakan setiap hari Kamis dan Jumat pukul 18.30 sampai 21.30 WIB atau 22.30 WIB di Kampus BKKBN Jakarta Timur dan dilanjutkan kuliah hari Sabtu pukul 08.00 sampai 16.00 WIB di Kampus MB-IPB di Bogor.
Kelas Sore Jakarta terutama diperuntukkan bagi peserta yang tinggal di Jakarta. Program tersebut telah dilaksanakan sejak tahun 1995 bekerjasama dengan BKKBN dalam operasional penyelenggaraannya. Dua jenis Kelas Sore tersebut telah memenuhi kebutuhan dan tuntutan peserta yang telah bekerja. Kelas tersebut memungkinkan mahasiswa dapat mengikuti kuliah sepulang kerja atau pada hari Sabtu tanpa harus meninggalkan pekerjaan atau jabatannya.
Kelas ketiga disebut dengan Kelas Pagi, yaitu penyelenggaraan Kurikulum MMA-IPB yang dilaksanakan setiap hari kerja Senin sampai Jumat mulai pukul 08.00 sampai 16.00 WIB atau 17.00 WIB. Kelas Pagi terutama diperuntukkan bagi peserta yang baru lulus sarjana (fresh graduate) yang kemudian melanjutkan ke Program MMA-IPB. Peserta Kelas Pagi sebagian besar adalah sarjana yang baru lulus atau peserta yang telah bekerja. Peserta yang telah bekerja umumnya adalah mahasiswa yang memperoleh cuti atau tugas belajar dari kantor atau lembaga tempatnya bekerja. Peserta tersebut harus meninggalkan pekerjaannya karena melaksanakan kewajiban tugas belajar secara penuh.


 
< Prev   Next >

Menu Utama

Home
Pendaftaran Online
- - - - - - - - - - - - - - - - - -
FAQs
Isi Buku Tamu
Agenda
Link
Pencarian
Jadwal
- - - - - - - - - - - - - - - - - -
Milis Alumni SPs
Milis Jadwal Seminar
Perpustakaan IPB
Katalog Online
Email IPB
- - - - - - - - - - - - - - - - - -
Home IPB
SIMAK PASCA IPB
Fakultas

Statistik

Members: 6756
News: 617
Web Links: 8

Sedang Online

We have 11 guests online
Menurut Anda Tampilan Website ini
 

Sosial Media

SPs On Twitter

Pascasarjana On FB

Pascasarjana On Group

Home