Magister Profesional Pengembangan Masyarakat (MPM) [S2]

Ketua Program Studi: Djuara P. Lubis

Visi
Berdasar latar-belakang dan kepentingan tersebut di atas, maka visi Program MPM dirumuskan sebagai berikut:
“menjadi program studi terkemuka yang berorientasi  pada  pengembangan masyarakat lokal mandiri yang bertumbuh di atas basis potensi sosial-ekonomi lokal yang dikelola menurut kaidah keberlanjutan, keadilan, kejujuran, dan solidaritas sosial”.

Misi
Berdasarkan visi tersebut di atas, maka misi Program MPM adalah untuk:

  1. Menyelenggarakan pendidikan profesional yang bermutu dengan pendekatan partisipatif dan induktif dengan melibatkan segenap unsur sivitas akademika, masyarakat, dan stakeholders dalam suatu jaringan sosial.
  2. Mengedepankan  pendekatan  pengembangan masyarakat partisipatif dalam proses pengembangan masyarakat dalam rangka perwujudan masyarakat lokal mandiri.

Tujuan Pendidikan
Merujuk pada misi dan visi, maka tujuan Program MPPM adalah untuk menghasilkan praktisi pengembangan masyarakat yang berwawasan sosiologis dengan kemampuan profesional yang tinggi, dengan:

  1. Menguasai prinsip dan praktek pendekatan  pengembangan masyarakat-partisipatif dalam analisis sosial, yaitu analisis beragam potensi kekuatan sosial asosiatif dan disosiatif pada aras masyarakat lokal dalam konteks nasional dan global;
  2. Menguasai prinsip dan praktek pendekatan  pengembangan masyarakat-partisipatif dalam pengorganisasian (perencanaan, pelaksanaan, pengendalian) proses perkembangan masyarakat mandiri berdasar kaidah keadilan dan keberlanjutan pada aras masyarakat lokal; dan
  3. Mampu menemukan dan mengembangkan secara induktif prinsip-prinsip dan pendekatan-pendekatan yang khas-lokal (local specific) dalam  pengembangan masyarakat-partisipatif untuk mendukung perkembangan masyarakat mandiri pada aras lokal.

Kompetensi Lulusan
Menghasilkan praktisi pengembangan masyarakat yang berwawasan sosiologis dengan kualifikasi magister profesional

Kurikulum

Leave a comment

© Sekolah Pascasarjana 2019