Bagaimana cara mendaftar masuk SPs-IPB program reguler dan persyaratan yang dibutuhkan?

Syarat Pendaftaran:

  1. Pendaftar mengakses website Penerimaan Mahasiswa Baru Sekolah Pascasarjana pada alamat http://pmbpasca.ipb.ac.id .
  2. Klik [Proses Pendaftaran > Isi Formulir] dan isi kolom yang telah disediakan.
  3. Setelah selesai mengisi kolom pada [Isi Formulir], Pendaftar akan mendapatkan 8 karakter angka sebagai nomor pendaftaran.
  4. Nomor pendaftaran tersebut akan menjadi billkey (nomor untuk transaksi) pada saat pembayaran biaya pendaftaran yang dilakukan di Bank BNI.
  5. Dengan menggunakan nomor pendaftaran, lakukan pembayaran sebesar Rp. 750.000,- (tujuh ratus limapuluh ribu rupiah) di Bank BNI melalui Teller atau ATM atau E-Banking. Lihat Tata Cara Pembayaran
  6. Setelah melakukan pembayaran, Pendaftar akan mendapatkan PIN (12 karakter angka). PIN tersebut tercetak pada kolom Validasi Slip Pembayaran (jika via Teller), atau pada kolom No Registrasi Struk ATM (jika via ATM), atau pada kolom Nomor Registrasi Bank File Transaksi E-Banking (jika via E-Banking).
  7. Klik [Proses Pendaftaran > Verifikasi PIN] dan isi kolom yang disediakan. Pastikan klik [Proses] setelah pengisian selesai.
    1. Jika Verifikasi PIN berhasil, halaman utama Pendaftaran Online muncul dan pendaftar dapat memulai proses melengkapi data.
    2. Jika Pendaftar belum dapat melengkapi keseluruhan data, Pendaftar dapat login ke pendaftaran online kemudian meng-klik [Proses Pendaftaran > Lengkapi Data]
    3. Login ke Pendaftaran Online untuk melengkapi data dibatasi 3 kali.
  8. Pendaftar wajib mengisi Formulir A dan wajib meng-unggah (upload) beberapa dokumen yang diperlukan untuk proses seleksi yaitu:
    1. Ijazah S1, Transkrip S1, dan Bukti Bayar BNI (untuk S2)
    2. Ijazah S1, Ijazah S2, Transkrip S1, Transkrip S2 dan Bukti Bayar BNI (untuk S3)
    3. TPA Bagi Pendaftar dengan IPK antara 2,00 – 2,50 (untuk S2), dan antara 3,00 – 3,25 (untuk S3)
    4. TOEFL bagi yang pernah mengikuti test (untuk S2 dan S3) dan bersifat Opsional.
  9. Hasil seleksi akan diumumkan melalui e-mail dan website www.pasca.ipb.ac.id.
  10. Jika data dan dokumen pendaftaran yang diberikan tidak lengkap dan tidak sesuai dengan dokumen asli pada saat proses registrasi, maka Pendaftar dianggap gugur, dan uang pendaftaran tidak dapat dikembalikan.
  11. Untuk program internasional MIT wajib Wajib Menyerahkan Toefl dua tahun terakhir
  12. Untuk yang memilih program studi profesional Wajib menyerahkan TPA Terakhir