Sekolah Pascasarjana IPB University Adakan Sosialisasi Implementasi Sertifikasi ISO 21001:2018

Sekolah Pascasarjana (SPs) IPB University mengadakan sosialisasi implementasi sertifikasi ISO 21001:2018 (6/10) di Bogor Icon Hotel. Sosialisasi ini diikuti oleh seluruh pimpinan, ketua dan sekretaris program studi (prodi) multidisiplin serta seluruh tenaga kependidikan (tendik) di SPs IPB University.

Dalam sambutannya, Dekan SPs IPB University, Prof Anas Miftah Fauzi menyampaikan bahwa sosialisasi ini terkait dengan borang untuk sertifikasi ISO 21001:2018 yang sudah disiapkan. Agar kemudian dapat dipahami dan dievaluasi apakah sesuai sehingga dapat diterapkan oleh SPs IPB University.

“Prinsip dari sistem manajemen organisasi pendidikan adalah Plan Do Check Action (PDCA), bagaimana kita bisa merencanakan dengan baik, terkait dengan sumberdaya manusia (SDM), fasilitas termasuk juga membuat perencanaan yang achievable dalam waktu yang tersedia. Selain itu juga dapat mengimplementasikan sesuai dengan yang direncanakan dan dapat dilakukan terus menerus melalui monitoring dan evaluasi (monev),” ujarnya.

Menurutnya, diharapkan implementasi ISO 21001:2018 ini sebagai Sistem Manajemen Organisasi Pendidikan (SMOP) berkelanjutan, dimana prosesnya melibatkan pendidik, peserta didik, kurikulum, sumberdaya dan sebagainya akan dibahas lebih detail pada sosialisasi ISO 21001:2018 kali ini.

“Tujuannya adalah untuk menginformasikan borang sertifikasi yang sudah disusun dan bagaimana dapat mengimplementasikannya sehingga dapat memberikan hasil sesuai dengan yang kita inginkan,” lanjut Prof Anas Miftah Fauzi.

Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan SPs IPB University, Prof Agus Buono memberikan beberapa penjelasan terkait dengan sosialisasi sertifikasi ISO 21001:2018 sesuai dengan komitmen yang sudah disepakati bersama.

“Sasaran mutu yang disusun mencakup dari sub bagian pendidikan dan kemahasiswaan, sub bagian humas (hubungan masyarakat), kerjasama dan penerimaan mahasiswa baru (PMB) dan sub bagian keuangan, kepegawaian dan umum. Perlu kami sampaikan bahwa ISO 21001:2018 ini lingkupnya adalah akademik SPs IPB University dan program studi multidisiplin,” ujarnya.

Di samping itu, Wakil Dekan SPs IPB University bidang Sumberdaya, Kerjasama dan Pengembangan, Prof Titi Candra Sunarti menyampaikan bahwa sosialisasi ISO 21001:2018 ini berkaitan dengan seluruh kegiatan yang ada di SPs IPB University. Oleh karena itu agar dapat disampaikan dan dipahami bersama.
“Sosialisasi implementasi sertifikasi ISO 21001:2018 menjadi penting bagi kita semua terhadap penilaian dari stakeholder baik dari masyarakat, mahasiswa, mitra maupun pengguna lainnya,” tambahnya

Sementara itu, Katya R Hapsari, SSos, MM pendamping audit eksternal ISO 21001:2018 menyampaikan bahwa komitmen untuk menerapkan implementasi ISO 21001:2018 perlu dilakukan bersama-sama. Sertifikasi ISO 21001:2018 ini hanya sebagai alat atau tools untuk mencapai target-target yang sudah ditetapkan bersama.

“Target ini akan bergerak terus menerus dan tidak statis, setelah kita capai dan kita review tidak berhenti sampai di sini. Kita harus pelihara dan tingkatkan agar sesuai dengan yang kita harapkan,” ujarnya. (HBL/Zul) Source : https://www.ipb.ac.id/news/