Program Studi Magister Logistik Agro-Maritim Sekolah Pascasarjana IPB University Raih Akreditasi Baik Sekali

Program Studi (Prodi) Logistik Agro-Maritim (LOG) Sekolah Pascasarjana (SPs) IPB University meraih akreditasi ‘Baik Sekali’ dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Akreditasi ini berlaku sejak 15 Juli 2024 sampai 15 Juli 2029.

Ketua Prodi LOG SPs IPB University, Prof Yandra Arkeman, menyampaikan bahwa Prodi LOG merupakan prodi tentang logistik agro-maritim pertama yang ada di Indonesia. Dibentuknya Prodi LOG ini merupakan implementasi amanat presiden yang meminta IPB University untuk dapat membuka dan mengembangkan prodi yang khusus mempelajari logistik agro-maritim.

“Prodi LOG merupakan salah satu program studi multidisiplin di lingkungan SPs IPB University dan sudah menerima mahasiswa sejak tahun 2020. Dengan hasil akreditasi ini, tentu saja akan memberikan peluang yang sangat bagus untuk Prodi LOG untuk berkembang lebih baik lagi,” ujarnya.

Prof Yandra menambahkan bahwa tujuan dari dibentuknya Prodi LOG ini untuk menghasilkan lulusan yang mempunyai kemampuan dalam merancang dan mengelola sistem agrologistik dengan menggunakan pendekatan teknik dan manajemen serta mengembangkan sistem logistik cerdas berbasis teknologi digital maju. Lulusan Prodi LOG memperoleh gelar Magister Logistik (MLog) sesuai dengan rumpun ilmu logistik.

“Prodi LOG ini dirancang dan diselenggarakan untuk menghasilkan tenaga profesional yang mempunyai kemampuan untuk berpikir secara sistematik dan berkeahlian perencanaan strategis yang relevan untuk pengembangan kapasitas manajerial,” tambahnya.

Sementara itu, Dr Mustaruddin Sekretaris Prodi LOG SPs IPB University menjelaskan bahwa visi dibentuknya Prodi LOG ini untuk menjadi penyelenggara pendidikan berkualitas terbaik dalam bidang agrologistik di tingkat internasional.

Adapun misi Prodi LOG ini adalah untuk mendidik para akademisi, birokrat, praktisi dan profesional terkait untuk menjadi perancang dan pengelola sistem agrologistik yang berkualitas.

“Saat ini, Prodi LOG memiliki beberapa peminatan yaitu Logistik Pertanian di bawah koordinasi Prof Edi Santosa, Logistik Perikanan dan Maritim di bawah koordinasi Dr Taryono, Logistik Peternakan di bawah koordinasi Dr Rudi Afnan dan Logistik Agro-Industri di bawah koordinasi Prof Taufik,” jelas dia.

“Selain itu prodi ini juga membuka program khusus Logistik Halal bekerja sama dengan Halal Science Center IPB University,” imbuhnya. (HBL/Rz)