Sekolah Pascasarjana IPB University Gelar Bedah Buku Filsafat Sains Intelektualisme dan Riset untuk Perubahan

Sekolah Pascasarjana (SPs) IPB University menggelar Bedah Buku “Filsafat Sains Intelektualisme dan Riset untuk Perubahan” yang ditulis oleh Prof Herry Purnomo, Guru Besar di IPB University, (9/8).  Kegiatan ini bekerja sama dengan Penerbit Buku Kompas (PBK) dan CIFOR-ICRAF (Center for International Forestry Research-World Agroforestry).

Dalam sambutannya, Rektor IPB University, Prof Arif Satria mengatakan, “Saat ini sains terus berkembang dan kita tidak bisa menahan laju perkembangan sains karena bersifat dinamis. Yang diperlukan sekarang adalah bagaimana keberpihakan sains pada proses transformasi dan proses perubahan. Dunia akademis tidak bisa lagi terlepas dari realitas, justru pengembangan sains harus berangkat dari realitas karena sains dituntut tidak saja sebagai instrumen untuk memaknai atau memahami tetapi juga menjadi instrumen untuk solusi.”

Menurutnya, keragaman landasan filsafat menjadi faktor yang sangat penting, khususnya bagi sains masa depan yang butuh keberpihakan untuk memberikan solusi, membawa perubahan, dan mendorong proses transformasi.  “Perdebatan akademis pada bidang filosofis harus kita gaungkan. Bedah buku kali ini merupakan bagian dari proses untuk bisa kembali menghidupkan debat, dialog, diskusi tentang kerangka-kerangka filsafat sains yang sangat penting sekali menjadi pondasi,” ujarnya.

Dekan Fakultas Kehutanan dan Lingkungan, Dr Naresworo Nugroho menyampaikan bahwa buku ini mengulas secara lebih mendalam terkait filsafat sains. Tentu buku ini akan mewarnai mata kuliah filsafat sains dalam rangka untuk mencari kebaruan atau novelty bagi mahasiswa program doktor di SPs IPB University.

“Temuan-temuan dari pemikir fenomenal dunia, gagasan serta pengembangan novelty telah ditulis baik oleh Prof Herry Purnomo. Kita harapkan fondasi sains dan karakter ilmiah ini bisa terbangun dengan kokoh di perguruan tinggi dan lembaga-lembaga riset khususnya di Indonesia,” ujarnya.

Menurutnya, buku ini menanamkan karakter, kebaruan dan perspektif sains ke depan melalui pemikiran kritis, reflektif dan gigih. Sehingga dalam melakukan riset akan tetap setia pada kebenaran ilmiah yang merupakan suatu keharusan.

“Filsafat sains merupakan cabang filsafat yang membahas tentang ilmu dan sains itu sendiri. Tujuannya mengadakan analisis mengenai ilmu pengetahuan dan cara bagaimana ilmu pengetahuan itu diperoleh. Jadi filsafat sains adalah penyelidikan tentang ciri-ciri pengetahuan ilmiah dan cara memperolehnya, pokok perhatian dari filsafat sains adalah proses penyelidikan ilmiah itu sendiri,” ungkapnya.
Dekan SPs IPB University Prof Anas Miftah Fauzi menyampaikan terima kasih kepada penulis Prof Herry Purnomo. Menurutnya, bagi SPs IPB University, buku ini sangat bermanfaat dan menjadi referensi utama dalam mata kuliah filsafat sains. Filsafat sains merupakan mata kuliah wajib bagi mahasiswa program doktor.

Prof Herry Purnomo menjelaskan bahwa buku ini dimulai dari refleksi mengenai sejarah dan perkembangan filsafat sains dari masa ke masa dan juga sudut pandang mengenai paradigma sains, agama, intelektualisme dan perubahan.  “Buku diakhiri dengan sintesis mengenai hubungan filsafat sains, intelektualisme dan transformasi perubahan untuk kemanusiaan dan lingkungan, terutama dalam pembangunan berkelanjutan,” ujarnya. (HBL/Zul) Source : https://www.ipb.ac.id/news/