Tahapan dan Syarat Pendaftaran


  • Kelas Reguler
  • Kelas Khusus dan Jalur Penelitian

Tahapan dan syarat pendaftaran calon mahasiswa secara online di Sekolah Pascasarjana IPB adalah:

  1. Mendaftar melalui sistem online pada laman http://pendaftaran.admisi.ipb.ac.id
  2. Belum punya akun silakan klik di sini > Isi form pendaftar untuk membuat akun
  3. Jika sudah selesai klik simpan, lalu cek email > klik verifikasi akun
  4. Setelah email berhasil diverifikasi, silakan login kembali untuk ke tahap selanjutnya > pilih jalur masuk yang tersedia, penyelenggara Pascasarjana jalur masuk Reguler  lalu klik “Detail” > klik “Ambil nomor pendaftaraan”
  5. Kemudian akan muncul perintah untuk membuka email dan mendapatkan kode pembayaran, jika belum mendapatkan email konfirmasi klik “Detail” untuk “Kirim Ulang Notifikasi Email”
  6. Setelah melakukan pembayaran, login kembali pilih “Login Formulir Pendaftaraan” untuk masuk ke subsistem
  7. Login ke subsistem dengan menggunakan nomor pendaftaraan dan tanggal lahir.
  8. Pendaftar wajib mengisi Formulir  dan wajib mengunggah (upload) beberapa dokumen yang diperlukan untuk proses seleksi yaitu:
    1. Pindai dari Ijazah asli/Surat Keterangan Lulus (SKL) S1, Transkrip S1 (untuk S2)
    2. Pindai dari Ijazah asli S1, Ijazah/Surat Keterangan Lulus (SKL) S2, Transkrip S1, Transkrip S2  (untuk S3)
    3. Dokumen Karya Ilmiah (Formulir B (Khusus bagi Pendaftar S3)
    4. Rekomendasi dari 3 nama pemberi rekomendasi (masukan email pemberi rekomendasi)
      1. Salah satu pemberi rekomendasi WAJIB dari Dosen/Staf Pengajar dari Perguruan Tinggi
      2. Kualifikasi pemberi rekomendasi adalah minimal bergelar Magister bagi pendaftar program Magister Sains (S2), dan minimal bergelar Doktor bagi pendaftar program Doktoral (S3)
    5. Surat Jaminan Biaya (Formulir D)
    6. Sinopsis rencana penelitian (maksimal 3 halaman, tidak ada format khusus)
    7. Bagi Pendaftar program magister dengan IPK antara 2,00 – 2,50  wajib memiliki TPA (UUOPT Bappenas) dengan nilai  TPA >= 450 (untuk S2), dan pendaftar program doktor dengan IPK antara 3,00 – 3,25 wajib memiliki TPA (UUOPT Bappenas) dengan nilai TPA >= 475 (untuk S3)*. Informasi jadwal penyelenggaraan TPA UUOPT Bappenas
    8. Nilai kemampuan bahasa Inggris (TOEFL/IELTS) untuk S2 dan S3 (jika belum ada dapat mengikuti Placement Test lihat Agenda).
    9. Proposal penelitian dan publikasi ilmiah wajib bagi pendaftar Jalur Penelitian (By Research)
  9. Hasil seleksi akan diumumkan melalui laman https://registrasi.admisi.ipb.ac.id/. Surat hasil seleksi dan surat panggilan verifikasi dapat diunduh pada laman tersebut dengan menggunakan user akses pendaftaran masing-masing calon mahasiswa baru.
  10. Untuk yang memilih jalur khusus, wajib mengunggah TPA dengan skor > 475 untuk S2 dan skor > 500 untuk S3 yang masih berlaku.
  11. Bagi pendaftar yang ingin mendaftar melalui jalur beasiswa Kemenristekdikti, HARUS juga mendaftar langsung di laman KEMENRISTEKDIKTI sesuai dengan skema beasiswa yang dipilih
  12. Bagi pendaftar yang ingin mendaftar melalui jalur beasiswa Kemenkeu (LPDP), HARUS juga mendaftar langsung di laman LPDP sesuai dengan skema beasiswa yang dipilih
  13. Bagi pendaftar yang sumber pembiayaannya dari BUDI/BPPDN/Afirmasi pilihan program studinya hanya diperbolehkan satu dan harus sama dengan yang dipilih pada laman beasiswa BUDI/BPPDN/Afirmasi
  14. Bagi pendaftar yang tidak memenuhi seluruh persyaratan yang telah ditentukan hingga saat penutupan pendaftaran, tidak akan diikutsertakan dalam proses seleksi
  15. Bagi pendaftar program Doktor yang pendidikan S2-nya bergelar Magister Manajemen (MM) atau Magister Profesional, program studinya harus terakreditasi A
  16. Program Magister Sains di IPB tidak menerima pendaftar yang bergelar D-IV

Tahapan dan Syarat Pendaftaran Kelas Khusus dan Jalur Penelitian

  1. Mendaftar melalui sistem online pada laman http://pendaftaran.admisi.ipb.ac.id
  2. Belum punya akun silakan klik di sini > Isi form pendaftar untuk membuat akun
  3. Jika sudah selesai klik simpan, lalu cek email > klik verifikasi akun
  4. Setelah email berhasil diverifikasi, silakan login kembali untuk ke tahap selanjutnya > pilih jalur masuk yang tersedia, penyelenggara Pascasarjana jalur masuk Khusus lalu klik “Detail” > klik “Ambil nomor pendaftaraan”
  5. Kemudian akan muncul perintah untuk membuka email dan mendapatkan kode pembayaran, jika belum mendapatkan email konfirmasi klik “Detail” untuk “Kirim Ulang Notifikasi Email”
  6. Setelah melakukan pembayaran, login kembali pilih “Login Formulir Pendaftaraan” untuk masuk ke subsistem
  7. Login ke subsistem dengan menggunakan nomor pendaftaraan dan tanggal lahir.
  8. Pendaftar wajib mengisi Formulir dan wajib mengunggah (upload) beberapa dokumen yang diperlukan untuk proses seleksi yaitu:
    1. Pindai dari Ijazah asli/Surat Keterangan Lulus (SKL) S1, Transkrip S1 (untuk S2)
    2. Pindai dari Ijazah asli/Surat Keterangan Lulus (SKL) S1, Ijazah S2, Transkrip S1, Transkrip S2  (untuk S3)
    3. Dokumen Karya Ilmiah (Formulir B (Khusus bagi Pendaftar S3))
    4. Rekomendasi dari 3 nama pemberi rekomendasi (masukkan email pemberi rekomendasi).
      1. Salah satu pemberi rekomendasi WAJIB dari Dosen/Staf Pengajar dari Perguruan Tinggi.
      2. Kualifikasi pemberi rekomendasi adalah minimal bergelar Magister bagi pendaftar program Magister Sains (S2), dan minimal bergelar Doktor bagi pendaftar program Doktoral (S3).
    5. Surat Jaminan Biaya (Formulir D).
    6. Sinopsis rencana penelitian (maksimal 3 halaman).
    7. TPA WAJIB untuk Setiap Pendaftar S2 nilai TPA >= 475, dan S3 dengan nilai TPA >= 500Informasi jadwal penyelenggaraan TPA UUOPT Bappenas.
    8. Nilai kemampuan bahasa Inggris (TOEFL/IELTS) untuk S2 dan S3  (jika belum ada dapat mengikuti Placement Test lihat Agenda).
    9. Khusus untuk program Double Degree Program Studi Teknologi Industri Pertanian (TIP) dengan Master of Applied Innovation and Entrepreneurship (Adelaide University) dan Program Studi Agribisnis (AGB) dengan Master of Science (Georg-August, Gottingen University). harus menyertakan nilai TOEFL institutional minimum 550 atau IELTS minimum 6.5. Kandidat yang ingin mengajukan beasiswa LPDP juga harus mendaftarkan diri di laman LPDP
  9. Hasil seleksi akan diumumkan melalui laman https://registrasi.admisi.ipb.ac.id/. Surat hasil seleksi dan surat panggilan verifikasi dapat diunduh pada laman tersebut dengan menggunakan user akses pendaftaran masing-masing calon mahasiswa baru.
  10. Untuk program profesional dan kelas khusus akan dibuka, apabila jumlah peserta yang lolos seleksi minimal 15 orang untuk program S2 dan 10 orang untuk program S3
  11. Bagi pendaftar yang tidak memenuhi seluruh persyaratan yang telah ditentukan hingga saat penutupan pendaftaran, tidak akan diikutsertakan dalam proses seleksi.
  12. Bagi pendaftar program Doktor yang pendidikan S2-nya bergelar Magister Manajemen (MM) atau Magister Profesional, program studinya harus terakreditasi A.
  13. Program Magister Sains di IPB tidak menerima pendaftar yang bergelar D-IV.