::Sekolah Pascasarjana IPB (Institut Pertanian Bogor)::

slide.gif
MKM
Mahasiswa Baru 2008 Print E-mail
Written by Humas   

DAFTAR NAMA MAHASISWA BARU
SEKOLAH PASCASARJANA
ISTITUT PERTANIAN BOGOR

2008/2009



TAHAP I S2
TAHAP I S3


TAHAP II S2
TAHAP II S3


TAHAP II S2 PWL BAPPENAS

 


 
Sandi Mata Kuliah Wajib Umum Print E-mail
Written by Administrator   

Selain ketentuan pada I dan II diberikan pula beberapa ketentuan sandi dan penomoran mata kuliah yang berlaku umum sebagai berikut:

PPS 500 Bahasa Inggris

Mata kuliah ini berbobot 3 SKS dan merupakan mata kuliah yang terbuka bagi seluruh mahasiswa pascasarjana  baik program magister maupun doktor.  Mata kuliah ini tidak diwajibkan bagi mahasiswa yang dapat menunjukkan bukti lulus TOEFL: dengan nilai minimal 450 untuk program Magister, dan 475 untuk program doktor yang diberikan oleh lembaga resmi TOEFL institusional.  Bagi mahasiswa program doktor yang sebelumnya memperoleh gelar M.Sc atau sejenisnya dari perguruan tinggi di luar negeri harus mengambil TOEFL atau mengikuti kuliah dengan ketentuan seperti diatas.  Mahasiswa yang mengikuti mata kuliah PPs 500 dinyatakan lulus hanya jika memperoleh nilai minimum B.  Nilai mata kuliah PPs 500 akan tercantum dalam transkrip tetapi tidak dihitung dalam perhitungan nilai mutu rata-rata, tetapi sks tetap diperhitungkan pada beban penyelesaian studi program magister dan doktor.  Bagi mahasiswa yang telah mengambil kuliah Bahasa Inggris tetapi belum lulus maka dapat mengulang atau mengikuti TOEFL-like test yang hanya diselenggarakan oleh Koordinator Bahasa Inggris IPB dengan batasan nilai :

1.     Nilai  > 500 bagi mahasiswa program magister bebas kuliah dengan kategori nilai A, dan untuk nilai 450 – 499 kategori nilai B (boleh ikut atau tidak kuliah),

2.     Nilai > 525 bagi mahasiswa program doktor bebas kuliah dengan kategori nilai A, dan untuk nilai 475 – 524 kategori nilai B (boleh ikut atau tidak Kuliah). Untuk kategori nilai B jika seorang mahasiswa ikut kuliah nilai akan ditentukan setelah selesai kuliah sedangkan jika tidak ikut maka nilainnya B.

Diharapkan mata kuliah ini diambil di semester I, semester II. Mahasiswa yang mengambil di luar waktu tersebut dikenakan biaya setara dengan SPP per mata kuliah matrikulasi.

Pada setiap awal semester I mahasiswa baru diwajibkan mengikuti ujian awal untuk menentukan status kemampuan bahasa Inggrisnya. Mereka yang memenuhi persyaratan akan diberi nilai dan selanjutnya dibebaskan dari mata kuliah Bahasa Inggris. Mahasiswa lainnya dibagi atas dua kategori. Kategori I dapat langsung mengikuti mata kuliah Bahasa Inggris di semester I, sedangkan kategori II memerlukan pelajaran tutorial di semester I sebelum dapat mengikuti mata kuliah Bahasa Inggris di semester II.

Mata kuliah PPs 500 diberikan kepada mahasiswa SPs dengan deskripsi sebagai berikut: pelajaran Bahasa Inggris diberikan untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa SPs dalam memperdalam ilmu, khususnya untuk meningkatkan kemampuan membaca materi akademik, menulis, membuat ringkasan hasil penelitian dan menyusun kalimat dalam Bahasa Inggris, baik secara pasif maupun secara aktif.

PPS  600   Topik Khusus Program Magister

PPS  700   Topik Khusus Program Doktor

Tugas khusus ini ditentukan oleh ketua komisi pembimbing atau ketua program studi mengenai suatu topik dengan kegiatan yang meliputi studi kepustakaan, analisis serta pembahasan pengumpulan data, yang dilaporkan dalam bentuk tertulis.  Selain itu juga dapat diberikan dalam bentuk studi bebas yang dibimbing oleh staf pengajar yang terkait dengan bidangnya. Kredit maksimal yang diakui untuk Topik Khusus program magister sains adalah 3 SKS.  Topik Khusus untuk program doktor (PPs 700) dapat diberikan kepada mahasiswa program doktor jalur penelitian dalam rangka mengisi kegiatan studinya dalam periode persiapan.  Setiap Topik Khusus yang ditugaskan kepada mahasiswa harus mempunyai judul yang jelas dan deskripsi serta garis besar isi tugas yang diberikan.

PPS 601   Kolokium Program Magister
PPS 701   Kolokium Program Doktor

Kegiatan ini merupakan tugas rutin mahasiswa program magister dan program doktor. Kolokium berkaitan dengan bidang ilmunya, disertasi atau  tesis, dibahas di muka kelas dan dapat diambil lebih dari satu kali dengan maksimum SKS sama dengan 1.  Kolokium diasuh oleh seorang dosen atau lebih secara bergiliran. Kegiatan ini dilaksanakan oleh masing-masing program studi.

PPS 702  Falsafah Sains

Pengkajian pengetahuan dan sains secara luas yang mencakup epistemologi (logika, ontologi, aksiologi, teleologi), etika, estetika, dan pembahasan peranan ipteks dan moralitas dalam kehidupan untuk mencari kebenaran demi kemaslahatan umat manusia.  Mata kuliah ini berbobot 2 SKS.

PPS  690   Seminar Program Magister
PPS  790   Seminar Program Doktor.

Kegiatan ini adalah rutin bagi mahasiswa sebagai pemrasaran dan pembahasan materi hasil penelitian sebelum ujian tesis atau disertasi. Kredit seminar adalah 1 SKS.

Ketentuan-ketentuan yang berlaku untuk seminar adalah sebagai berikut :

1.     Seminar dibagi atas empat kelompok yaitu : Kelompok Ilmu Sosial & Ekonomi, Kelompok Ilmu Hewan, Kelompok Ilmu Tumbuhan, Kelompok Ilmu Keteknikan dan Teknologi Informasi. 

2.     Setiap hadir di seminar, mahasiswa mengisi kartu seminar dan diparaf oleh panitia seminar sebagai tanda bukti hadir.

3.     Sebelum mahasiswa memberikan seminar, mereka wajib menunjukkan Kartu Seminar dengan bukti hadir minimal 7 kali di kelompok ilmunya dan 2 kali dikelompok keilmuan lainnya, dan wajib pula mengikuti 1 kali kuliah umum pengantar seminar.

4.     Tata tertib seminar yang terperinci dapat dibaca dalam buku Panduan Seminar SPs.

PPS  699   Penelitian dan Tesis Program Magister

PPS  799   Penelitian dan Disertasi Program Doktor

Kegiatan penelitian mandiri dimulai dari pembuatan usulan penelitian sampai dengan penulisan tesis (6 SKS) atau disertasi (12 SKS). Hasil penelitian harus diseminarkan dan dipertanggungjawabkan dalam ujian akhir.

 
Sandi Mata Kuliah Print E-mail
Written by Administrator   

Sandi mata kuliah program magister sains dan doktor pada Sekolah Pascasarjana IPB disusun berdasarkan ketentuan sandi mata kuliah yang telah ditetapkan oleh Direktorat Administrasi dan Jaminan Mutu Pendidikan. Sandi terdiri dari dua bagian, yaitu bagian pertama berupa huruf besar dan bagian kedua terdiri dari tiga angka.:

1.       Bagian pertama yang terdiri dari tiga huruf besar merupakan sandi mata kuliah yang berbasis pada homebasenya yang diasuh oleh program studi tersebut.

2.       Angka 5 pada dijit pertama dari himpunan tiga angka menunjukkan tahun I dari program M.Si., angka 6 pada dijit pertama menunjukkan tahun II, sedang angka 7 pada dijit pertama menunjukkan bahwa mata kuliah tersebut diberikan pada program doktor.

3.       Dijit kedua himpunan tiga angka menunjukkan nomor dari kumpulan mata kuliah yang serumpun. Cara memberi nomor urut pada kumpulan-kumpulan mata kuliah dilakukan mulai dari yang paling umum dan dasar meningkat ke yang lebih maju dan berakhir dengan kumpulan mata kuliah yang terapan, pengelolaan dan akhirnya latihan keterampilan.

4.       Dijit ketiga dari himpunan tiga angka menunjukkan nomor urut dalam kumpulan mata kuliah serumpun. 

 
Sandi Mayor Print E-mail
Written by Administrator   

No.

Mayor

Singkatan

Sandi Mayor

A

Fakultas Pertanian (FAPERTA)

 

1) Dept. Tanah dan Sumberdaya Lahan (TSL)

1.

Ilmu Tanah

TNH

2.

Agroteknologi Tanah

ATT

3.

Mitigasi Bencana Kerusakan Lahan

MBK

4.

Bioteknologi Tanah dan Lingkungan

BTL

5.

Ilmu Pengelolaan Daerah Aliran Sungai

DAS

6.

Ilmu Perencanaan Wilayah

PWL

 

2) Dept. Agronomi & Hortikultura (AGH)

7.

Ilmu dan Teknologi Benih

ITB

8.

Agronomi dan Hortikultura

AGH

9.

Pemuliaan dan Bioteknologi Tanaman

PBT

 

3) Dept. Proteksi Tanaman (PTN)

10.

Entomologi

ENT

11.

Fitopatologi

FIT

 

4) Dept. Arsitektur Lanskap (ARL)

12.

Arsitektur Lanskap

ARL

B

Fakultas Kedokteran Hewan (FKH)

 

5) Dept. Anatomi, Fisiologi dan Farmakologi (AFF)

13.

IIlmu-ilmu Faal dan Khasiat Obat

IFO

14.

Anatomi dan Perkembangan Hewan

APH

 

6) Dept. Ilmu Penyakit Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner (IPH)

15.

Kesehatan Masyarakat Veteriner

KMV

16.

Parasitologi dan Entomologi Kesehatan

PEK

17.

Mikrobiologi Medik

MKM

 

7) Dept. Klinik, Reproduksi dan Patologi (KRP)

18.

Ilmu Biomedis Hewan

IBH

19.

Biologi Reproduksi

BRP

C

Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK)

 

8) Dept. Budidaya Perairan (BDP)

20.

Ilmu Akuakultur

AKU

 

9) Dept. Manajemen dan Sumberdaya Perairan (MSP)

21.

Pengelolaan Sumberdaya Perairan

SDP

22.

Pengelolaan Sumberdaya Pesisir dan Lautan

SPL

 

10) Dept. Teknologi Hasil Perairan (THP)

23.

Teknologi Hasil Perikanan

THP

 

11) Dept. Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan (PSP)

24.

Teknologi Perikanan Tangkap

TPT

25.

Sistem dan Pemodelan Perikanan Tangkap

SPT

 

12) Dept. Ilmu dan Teknologi Kelautan (ITK)

26.

Ilmu Kelautan

IKL

27.

Teknologi Kelautan

TEK

D

Fakultas Peternakan (FAPET)

 

13) Dept. Ilmu Produksi dan Teknologi Peternakan (ITP)

28.

Ilmu Produksi dan Teknologi Peternakan

ITP

 

14) Dept. Ilmu Nutrisi dan Teknologi Pakan (NTP)

29.

Ilmu Nutrisi dan Teknologi Pakan

INP

E

Fakultas Kehutanan (FAHUTAN)

 

15) Dept. Manajemen Hutan (MNH)

30.

Ilmu Pengelolaan Hutan

IPH

 

16) Dept. Hasil Hutan (HHT)

31.

Ilmu dan Teknologi Hasil Hutan

THH

32.

Teknologi Serat dan Komposit

TSK

33.

Rekayasa dan Peningkatan Mutu Hasil Hutan

RPM

 

17) Dept. Konservasi Sumberdaya dan Ekowisata (KSH)

34.

Konservasi Biodiversitas Tropika

KVT

35.

Manajemen Ekowisata dan Jasa Lingkungan

MEJ

 

18) Dept. Silvikultur (SVK)

36.

Silvikultur Tropika

SVK

F

Fakultas Teknologi Pertanian (FATETA)

 

19) Dept. Teknik Pertanian (TEP)

37.

Teknik Mesin Pertanian dan Pangan

TMP

38.

Teknik Sipil dan Lingkungan

SIL

39.

Teknologi Pascapanen

TPP

40.

Ilmu Keteknikan Pertanian

TEP

 

20) Dept. Ilmu Teknologi Pangan (ITP)

41.

Ilmu Pangan

IPN

 

21) Dept. Teknologi Industri Pertanian (TIN)

42.

Teknologi Industri Pertanian

TIP

G

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA)

 

22) Dept. Statistika (STK)

43.

Statistika

STK

 

23) Dept. Geofisika dan Meteorologi (GFM)

44.

Klimatologi Terapan

KLI

 

24) Dept. Biologi (BIO)

45.

Mikrobiologi

MIK

46.

Biosains Hewan

BSH

47.

Biologi Tumbuhan

BOT

 

25) Dept. Kimia (KIM)

48.

Kimia

KIM

 

26) Dept. Matematika (MAT)

49.

Matematika Terapan

MAT

 

27) Dept. Ilmu Komputer (KOM)

50.

Ilmu Komputer

KOM

 

28) Dept. Fisika (FIS)

51.

Biofisika

FIS

 

29) Dept. Biokimia (BIK)

52.

Biokimia

BIK

H

Fakultas Ekonomi dan Manajemen (FEM)

 

30) Dept. Ilmu Ekonomi (EKO)

53.

Ilmu ekonomi

EKO

54.

Ilmu Perencanaan Pembangunan Wilayah dan Pedesaan

PWD

 

31) Dept. Manajemen (MAN)

55.

Ilmu Manajemen

MAN

 

32) Dept. Ekonomi Sumberdaya dan Lingkungan (ESL)

56.

Ekonomi Sumberdaya dan Lingkungan

ESL

57.

Ekonomi Sumberdaya Kelautan Tropika

ESK

58.

IIlmu ekonomi Pertanian

EPN

I

Fakultas Ekologi Manusia (FEMA)

 

33) Dept. Gizi Masyarakat (GIZ)

59.

Ilmu Gizi Masyarakat

GMS

60.

Ilmu Gizi Manusia

GMA

 

34) Dept. Ilmu Keluarga dan Konsumen (IKK)

61.

Ilmu Keluarga dan Perkembangan Anak

IKA

62.

Ilmu Konsumen

IKO

 

35) Dept. Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat (KPM)

63.

Ilmu Penyuluhan Pembangunan

PPN

64.

Komunikasi Pembangunan Pertanian dan Pedesaan

KMP

65.

Sosiologi Pedesaan

SPD

P

Program Multidisiplin

66.

Bioteknologi

BTK

67.

Primatologi

PRM

68.

Pengelolaan Sumberdaya Alam dan Lingkungan

PSL

 
Wisuda Print E-mail
Written by Administrator   

Mahasiswa pascasarjana yang telah dinyatakan lulus dan telah memenuhi seluruh persyaratan dapat mendaftarkan diri untuk mengikuti Wisuda, di Bagian Administrasi dan Jaminan Mutu Pendidikan (AJMP) IPB, dengan membawa bukti lunas SPP, biaya wisuda, toga, surat keterangan lulus (SKL) dan surat bebas pustaka.

 
<< Start < Prev 51 52 53 54 55 56 57 58 Next > End >>

Results 469 - 477 of 519

Menu Utama

Home
Pendaftaran Online
- - - - - - - - - - - - - - - - - -
FAQs
Isi Buku Tamu
Agenda
Link
Pencarian
Jadwal
- - - - - - - - - - - - - - - - - -
Milis Alumni SPs
Milis Jadwal Seminar
Perpustakaan IPB
Katalog Online
Email IPB
- - - - - - - - - - - - - - - - - -
Home IPB
SIMAK PASCA IPB
Fakultas

Statistik

Members: 5025
News: 599
Web Links: 8

Sedang Online

We have 23 guests online
Menurut Anda Tampilan Website ini
 

Sosial Media

SPs On Twitter

Pascasarjana On FB

Pascasarjana On Group

Home