::Sekolah Pascasarjana IPB (Institut Pertanian Bogor)::

slide.gif
MKM
Pengelolaan Sumberdaya Pesisir dan Lautan (SPL) [S2] Print E-mail
Written by Administrator   

Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan
Departemen Manajemen Sumberdaya Perairan
Ketua Progam Studi: Mennofatria Boer

Tujuan Pendidikan
Memberikan landasan ilmu pengetahuan melalui penerapan pendekatan, metode dan analisis dalam perencanaan, implementasi dan evaluasi pengelolaan terpadu, khususnya untuk meningkatkan nilai guna laksana pengelolaan sumberdaya pesisir dan lautan, meliputi aspek-aspek sumberdaya, lingkungan dan tata ruang kawasan.

Kompetensi Lulusan
Mampu Mengembangkan ilmu pengetahuan melalui penerapan pendekatan, metode dan analisis dalam perencanaan pengelolaan terpadu sumberdaya dan kawasan pesisir dan lautan berkaitan dengan kelestarian, konservasi, ekowisata dan perikanan yang berkelanjutan.

Kompetensi Minor
Minor 1 :  Pengelolaan Sumberdaya Pulau-pulau Kecil
Mampu mengembangkan ilmu pengetahuan melalui penerapan pendekatan, metode dan analisis dalam perencanaan pengelolaan pulau-pulau kecil secara terpadu.

Minor 2 :  Evaluasi Sumberdaya untuk konsevasi dan Ekowisata Bahari
Mampu mengembangkan ilmu pengetahuan melalui penerapan pendekatan, metode dan analisis dalam evaluasi sumberdaya dan kawasan pesisir dan lautan untuk konservasi dan ekowisata.

Kurikulum

 

Sumberdaya Pesisir dan Lautan

 

 
Pengelolaan Sumberdaya Perairan (SDP) [S2] Print E-mail
Written by Administrator   

Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan
Departemen Manajemen Sumberdaya Perairan
Ketua Program Studi: Dr. Ir. Enan M. Adiwilaga

Tujuan Pendidikan
Program studi ini memberikan ilmu lanjutan dan metode analisis untuk meningkatkan penguasaan asas-asas ekofisiologi biota air, produktivitas perairan serta dinamika sumberdaya perairan sebagai landasan bagi penilaian dan pemecahan masalah pengelolaan sumberdaya perairan (tawar, payau, dan laut).

Kompetensi Lulusan
Mampu Mengembangkan ilmu pengetahuan melalui penerapan pendekatan, metode dan kaidah ilmiah dalam bidang ekobiologi, produktivitas perairan, dan pengelolaan sumberdaya perikanan.

Kompetensi Minor
Minor 1 :  Pengelolaan Pencemaran Perairan
Mampu menganalisis melalui penerapan pendekatan, metode dan kaidah dalam bidang pengelolaan pencemaran lingkungan perairan.

Minor 2 :  Konservasi Biota Perairan
Mampu menganalisis melalui penerapan pendekatan, metode dan kaidah dalam bidang konservasi biota perairan.

Minor 3 :  Pengelolaan Sumberdaya Perikanan
Mampu menganalisis melalui penerapan pendekatan, metode dan kaidah dalam bidang pengelolaan sumberdaya perikanan.

Kurikulum
Sumberdaya Perairan

 

 
Ilmu Akuakultur (AKU) [S2] Print E-mail
Written by Administrator   

Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan
Departemen Budidaya Perairan
Ketua Program Studi: Enang Harris

Tujuan Pendidikan
Menghasilkan lulusan strata magister dan doktor yang mampu menguasai, menerapkan dan mengembangkan ilmu-ilmu dan metode analisis untuk meningkatkan penguasaan azas-azas akuakultur dalam mengoptimasi keseimbangan lingkungan, pakan, biota akuatik (fisiologi, genetika, reproduksi, dan kesehatan) sebagai landasan bagi penilaian dan pemecahan masalah produksi dan pengembangan perikanan budidaya (air tawar, air payau dan laut) yang berkelanjutan.

Kompetensi Lulusan
Kemampuan mengembangkan ilmu dan teknologi untuk memecahkan masalah di bidang perikanan budidaya melalui pendalaman pada reproduksi dan genetik organisme akuakultur, nutrisi organisme akuakultur, penyakit organisme akuakultur dan pengendaliannya, atau lingkungan akuakultur, serta memahami interaksi bidang-bidang tersebut untuk pengembangan teknologi dan pengelolaan akuakultur yang berkelanjutan.

Kurikulum

Akuakultur

 

 
Penganugerahan Gelar Doktor Print E-mail
Written by Administrator   

Gelar doktor secara resmi diberikan setelah mahasiswa berhasil memenuhi persyaratan jumlah SKS, ujian kualifikasi, penelitian, publikasi ilmiah, seminar, ujian tertutup dan berhasil mempertahankan disertasinya dalam ujian terbuka IPB, serta menyerahkan disertasi yang sudah final dan ditandatangani lengkap oleh komisi pembimbing, ketua program studi, dan Dekan SPs. Disertasi final yang telah lengkap ditandatangani tersebut diserahkan kepada SPs selambat-lambatnya 3 (tiga) bulan setelah ujian terbuka. Bagi lulusan program doktor yang akan mengikuti wisuda, disertasi final harus sudah diterima oleh SPs paling lambat 10 (sepuluh) hari sebelum pelaksanaan wisuda. Ijazah akan diberikan apabila mahasiswa telah memiliki SKL dan selesai diproses pembuatannya sesuai POB yang berlaku.  Surat Keterangan Lulus (SKL) akan diberikan setelah disertasi final tersebut diterima oleh SPs.

 
Ujian Terbuka S3 Print E-mail
Written by Administrator   

Calon doktor yang sudah dinyatakan lulus dalam ujian tertutup dapat diajukan untuk mengikuti ujian terbuka. Ujian terbuka bertujuan untuk menguji kemampuan calon doktor dalam mempertahankan disertasinya termasuk yang mencakup wawasan keilmuan dan penerapannya yang lebih luas.

 

Penguji ujian terbuka terdiri dari komisi pembimbing, penguji di luar komisi pembimbing yang berasal dari staf pengajar IPB atau perguruan tinggi lainnya serta dari lembaga pemerintah atau pihak swasta yang terkait dengan topik disertasi yang bersangkutan.

 

 
<< Start < Prev 51 52 53 54 55 56 57 58 59 60 Next > End >>

Results 469 - 477 of 568

Menu Utama

Home
Pendaftaran Online
- - - - - - - - - - - - - - - - - -
FAQs
Isi Buku Tamu
Agenda
Link
Pencarian
Jadwal
- - - - - - - - - - - - - - - - - -
Milis Alumni SPs
Milis Jadwal Seminar
Perpustakaan IPB
Katalog Online
Email IPB
- - - - - - - - - - - - - - - - - -
Home IPB
SIMAK PASCA IPB
Fakultas

Statistik

Members: 9457
News: 652
Web Links: 8

Sedang Online

We have 35 guests online

Sosial Media

SPs On Twitter

Pascasarjana On FB

Pascasarjana On Group

Home