::Sekolah Pascasarjana IPB (Institut Pertanian Bogor)::

MKM
Pengesahan Usulan Penelitian Print E-mail
Written by Humas   

1.       Pengesahan usulan penelitian oleh Seketaris Program dilakukan dengan menyerahkan usulan penelitian yang telah ditandatangani oleh komisi pembimbing dan ketua program studi ke Divisi Administrasi Akademik SPs.

2.       Untuk penelitian yang direncanakan akan dilaksanakan di luar IPB, sebelum usulan penelitian ditandatangani oleh komisi pembimbing dan ketua program studi, mahasiswa terlebih dahulu berkonsultasi dengan Wakil Dekan.

3.       Usulan penelitian disahkan oleh Seketaris Program sebanyak 3 eksemplar dengan tanda tangan asli. Jika mahasiswa memerlukan lebih dari 3 eksemplar maka SPs dapat melegalisasi fotokopi dari lembar pengesahan yang bertanda tangan asli. Satu eksemplar dengan tanda tangan asli ini diserahkan ke Divisi Administrasi Akademik SPs.

4.       Usulan penelitian tidak dapat disahkan apabila mahasiswa yang bersangkutan belum memiliki susunan komisi pembimbing yang disahkan oleh Dekan SPs yaitu berupa SK Susunan Komisi Pembimbing.

 
Pengesahan Komisi Pembimbing Print E-mail
Written by Humas   

Sejak awal semester II semua mahasiswa pascasarjana harus sudah mempunyai komisi pembimbing. Tata cara pengesahan komisi pembimbing adalah sebagai berikut :

 

1.     Sejak awal semester I, mahasiswa meminta formulir “Permohonan Pengesahan Susunan Anggota Komisi Pembimbing ″ke Divisi Administrasi Akademik SPs″.

 

2.     Pengisian formulir dilakukan oleh mahasiswa setelah berkonsultasi dengan calon ketua komisi pembimbing dan koordinator mayor.

 

3.     Jika salah seorang calon anggota komisi direncanakan berasal dari luar IPB baik dari Bogor maupun dari luar Bogor; maka sebelum formulir ditandatangani oleh calon ketua, calon anggota komisi dan ketua program studi, mahasiswa wajib melampirkan curriculum vitae yang bersangkutan dan berkonsultasi terlebih dahulu dengan Sekretaris Program Magister atau Sekretaris Program Doktor.

 

4.     Untuk menjadi ketua komisi pembimbing mahasiswa S2/S3 seorang calon minimal harus sudah meluluskan dua orang mahasiswa yang dibimbingnya dengan status sebagai anggota komisi pembimbing (bukan anggota penguji luar komisi). 

 

5.     Setelah ditandatangani oleh calon ketua dan calon anggota komisi sebagai tanda kesediaan membimbing, dan oleh ketua program studi sebagai tanda persetujuan, formulir diserahkan kembali ke Divisi Administrasi Akademik SPs.

 

6.     Penetapan dan pengangkatan komisi pembimbing disahkan oleh Dekan SPs dengan menerbitkan Surat Keputusan Pengangkatan Komisi Pembimbing untuk setiap mahasiswa.

 

 
Kartu Anggota Perpustakaan Print E-mail
Written by Humas   

Mahasiswa pascasarjana  dapat menjadi anggota perpustakaan IPB dan memperoleh kartu  anggota perpustakaan IPB dengan cara mendaftarkan diri di Perpustakaan Pusat IPB yang berlokasi di Kampus IPB Darmaga.

 

 
Kartu Mahasiswa Print E-mail
Written by Humas   

Setiap mahasiswa SPs diwajibkan memiliki kartu mahasiswa IPB yang merangkap kartu ATM yang jika diperlukan dapat dimanfaatkan pada saat pembayaran biaya pendidikan (autodebet). Pendaftaran untuk pembuatan kartu mahasiswa dilakukan di Divisi Administrasi Akademik SPs.

 
Pendaftaran Ulang Print E-mail
Written by Humas   

1.   Semua mahasiswa baru diwajibkan mendaftarkan diri ke bagian akademik SPs dan membayar biaya pendidikan sesuai dengan tarif yang berlaku pada waktu yang telah ditentukan.

 

2.   Setiap awal semester semua mahasiswa SPs diwajibkan mendaftar ulang di bagian akademik pada waktu yang telah ditentukan. Pendaftaran ulang dilakukan dengan menunjukkan surat tagihan (invoice) yang diterbitkan oleh SPs, bukti pembayaran SPP dan biaya pendaftaran ulang (her-registrasi) dari bank yang ditunjuk oleh IPB yang besarnya sesuai dengan yang tertera dalam surat tagihan.

 

3.   Pendaftaran ulang berlaku pula bagi mahasiswa program magister sains dan doktor yang sedang cuti, melaksanakan penelitian, atau menulis tesis/disertasi. Mahasiswa yang tidak memenuhi kewajiban ini akan diberikan status non-aktif, dan tidak berhak menerima pelayanan akademik. Mahasiswa yang tidak mendaftar ulang dalam 2 (dua) semester berturut-turut dapat dinyatakan mengundurkan diri, dan dengan demikian tidak diperkenankan melanjutkan studi di SPs.

 

4.   Kepada mahasiswa yang mendaftarkan diri dan memenuhi persyaratan administrasi, akan diberikan formulir rencana studi (FRS). FRS diisi oleh mahasiswa setelah berkonsultasi dengan ketua komisi pembimbing atau ketua program studi, dan diserahkan kembali ke bagian akademik SPs melalui program studi yang bersangkutan selambat-lambatnya 2 minggu sejak semester berjalan.

 

 
<< Start < Prev 51 52 53 54 55 56 57 Next > End >>

Results 469 - 477 of 507

Pencarian

Statistik

Members: 371
News: 721
Web Links: 31

Sedang Online

We have 9 guests online

Sosial Media

SPs On Twitter

Pascasarjana On FB

Pascasarjana On Group

Home