::Sekolah Pascasarjana IPB (Institut Pertanian Bogor)::

slide1.gif
Welcome to IPB Graduate School
Kimia (KIM) [S2] Print E-mail
Written by Administrator   

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Departemen Kimia
Ketua Program Studi : Purwantiningsih Sugita

Tujuan Pendidikan
       Penyelenggaraan Program Magister Sains Kimia IPB dimaksud untuk memenuhi kebutuhan akan tenaga ahli profesional di bidang kimia sesuai dengan tuntutan pembangunan nasional dan untuk mengantisipasi kemajuan ilmu kimia yang sedemikian pesatnya. Dalam penyelenggaraannya, manajemen program mayor dikelola profesional dan beberapa kegiatan akan dilakukan agar ketepatan waktu studi dipenuhi dan kualitas lulusan sesuai dengan standar nasional maupun internasional, seperti pembentukan journal club yang ditunjang oleh sistem informasi mutakhir, penunjukan dosen pembimbing di akhir semester 2, melibatkan mahasiswa dalam proyek penelitian sejak dari pengajuan proposal hingga penulisan laporan, dan publikasi dalam jurnal terakreditasi.
       Materi kuliah dirancang sedemikian rupa dengan berbasis pada potensi ilmu kimia dalam mengkaji dan mengembangkan biomaterial sebagai objek unggulan, dan dengan mempertimbangkan kecenderungan perkembangan ilmu mutakhir yang diselaraskan dengan sumber daya staf pengajar dan sarana pendidikan memadai yang dipunyai oleh Departemen Kimia. Demikian juga, materi praktikum dirancang secara terpadu melalui studi kasus agar mahasiswa dapat mengaitkan berbagai cabang ilmu dalam bidang kimia dan memberi gambaran mengenai penyelesaian masalah dalam penelitian.
       Latar belakang akademik staf pengajar, kinerjanya di bidang pengajaran dan penelitian selama ini diyakini dapat mendukung Program Studi S2 Kimia di IPB.  Komposisi staf pengajar berdasarkan latar belakang pendidikan adalah 14 orang S3 (6orang di antaranya guru besar) dengan 1 orang S3 sebagai staf pengajar luar biasa, dan 15 orang S2 dengan 1 orang S2 sebagai staf pengajar luar biasa. Sarana pendukung pendidikan, peralatan laboratorium dan ruang kuliah cukup memadai untuk memperlancar jalannya program studi ini. Kesemuanya ini akan memberikan iklim dan imbas yang positif terhadap Program Studi S2 Kimia IPB. Untuk menyelesaikan Program S2 kimia diperlukan 39 SKS.

Kompetensi Lulusan
       Memiliki kemampuan untuk menguasai, menerapkan, mengembangkan, dan melakukan riset mandiri dari ilmu pengetahuan dan teknologi bidang kimia dengan penekanan pada metode pemisahan, karakterisasi, desain dan sintesis bahan baik secara eksperimental maupun melalui simulasi berbantuan komputer.

Kurikulum

 
< Prev   Next >

Menu Utama

Home
Pendaftaran Online
- - - - - - - - - - - - - - - - - -
FAQs
Isi Buku Tamu
Agenda
Link
Pencarian
Jadwal
- - - - - - - - - - - - - - - - - -
Milis Alumni SPs
Milis Jadwal Seminar
Perpustakaan IPB
Katalog Online
Email IPB
- - - - - - - - - - - - - - - - - -
Home IPB
SIMAK PASCA IPB
Fakultas

Statistik

Members: 5633
News: 608
Web Links: 8

Sedang Online

We have 12 guests online
Menurut Anda Tampilan Website ini
 

Sosial Media

SPs On Twitter

Pascasarjana On FB

Pascasarjana On Group

Home